Intip Kehebatan Julukan Kota Semerbak Jawa Tengah yang Berhasil Curi Perhatian 2 Provinsi Baru Pemekaran, Bakal Jadi Calon Ibu Kota?

Intip Kehebatan Julukan Kota Semerbak Jawa Tengah yang Berhasil Curi Perhatian 2 Provinsi Baru Pemekaran, Bakal Jadi Calon Ibu Kota?

daerah -unplash-

Asal Nama "Kudus"

Setelah kembali ke Pulau Jawa, Ja'far Shoddiq mendirikan sebuah masjid di daerah Kudus pada tahun 1956 H.


Awalnya, masjid ini akan diberi nama Al Manar atau Masjid Al Aqsho, meniru nama Masjid di Yerusalem yang dikenal sebagai Masjid Al Aqsho.

Kota Yerusalem sendiri sering disebut sebagai Baitul Maqdis atau Al-Quds. Dari kata Al-Quds, maka muncullah kata "Kudus," yang akhirnya digunakan sebagai nama Kota Kudus seperti yang kita kenal sekarang.

Menariknya, sebelum dikenal sebagai Kota Kudus, daerah ini memiliki nama lain, yaitu Kota Tajug. Nama ini merujuk kepada banyaknya atap arsitektur tradisional yang sangat kuno di sana, digunakan dengan tujuan yang keramat.



×


Baca juga: Peroleh Hasil! Kabupaten Rokan Hulu Dimekarkan Provinsi Riau? Begini Proses Rencana Pemekaran Jadi Isu atau Sekedar Wacana?

Baca juga: Dumai Bakal Singkirkan Tanjung Pinang Jadi Ibu Kota Kepri? Begini Isu Pemekaran dan Wacana Wilayah Baru di Riau

Julukan Kota Kudus

Kota Kudus bukan hanya dikenal dengan namanya yang penuh makna, tetapi juga dengan beragam julukan yang mencerminkan aspek budaya dan sejarahnya.

Julukan-julukan ini termasuk "Kota Semarak," yang mencerminkan kehidupan bersemangat di sini, "Kota Santri," yang menandakan peran besar dalam dunia pesantren, "Kota Kretek," yang menggambarkan industri rokok yang makmur, "Kota Jambu Bol," yang mengacu pada buah jambu biji yang khas di daerah ini, dan "Jarussalem van Java," yang menciptakan hubungan antara Yerusalem dengan Jawa.

Kudus, dengan segala makna dan sejarahnya, bukan hanya sebuah kota, tetapi juga cerminan kisah-kisah luhur dan budaya yang beraneka ragam.

Dalam keberagaman inilah terdapat kekayaan yang patut dijelajahi dan dipelajari.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya