Dumai Bakal Singkirkan Tanjung Pinang Jadi Ibu Kota Kepri? Begini Isu Pemekaran dan Wacana Wilayah Baru di Riau

Dumai Bakal Singkirkan Tanjung Pinang Jadi Ibu Kota Kepri? Begini Isu Pemekaran dan Wacana Wilayah Baru di Riau

daerah-unplash-

SINERGIANEWS.com - Dumai Bakal Singkirkan Tanjung Pinang Jadi Ibu Kota Kepri? Begini Isu Pemekaran dan Wacana Wilayah Baru di Riau. 

Rencananya, Kota Dumai akan menjadi ibu kota dari Provinsi Riau Pesisir.


Pemekaran Provinsi Riau menjadi dua provinsi baru masih sebatas isu, dan prosesnya akan melibatkan banyak tahap dan persetujuan dari pemerintah pusat.

Namun, isu ini tetap menarik perhatian karena dapat membawa perubahan signifikan bagi wilayah-wilayah yang terlibat dalam pemekaran tersebut. Perkembangannya akan terus dipantau.

Baca juga: Provinsi Baru Riau Pesisir Berencana Ajak 5 Kabupaten Keluar Kepri! Cek Wilayah Ini Masuk Kabupaten Kamu?



×


Baca juga: 9 Kabupaten di NTT Ini Resmi Lakukan Pemekaran dan Lahirkan Kabupaten Baru! Bukan Wacana, Cek Daftar Wilayah Tergabung

++++

5 Kabupaten baru di Pemekaran provinsi Riau Pesisir 

Menurut berbagai sumber yang dikutip pada tanggal 8 Februari 2022, Pulau Sumatra, sebagai salah satu pulau terbesar di dunia, saat ini terbagi menjadi 10 provinsi.

Riau sendiri disebut akan dimekarkan menjadi dua provinsi baru. Salah satunya akan diberi nama Provinsi Riau Pesisir.

Beberapa daerah kabupaten dan kota di Riau diwacanakan akan menjadi bagian dari Provinsi Riau Pesisir, termasuk:

  1. Kabupaten Rokan Hilir
  2. Kabupaten Bengkalis
  3. Kabupaten Siak
  4. Kabupaten Kepulauan Meranti
  5. Kota Dumai

Baca juga: Waduh! Warga Depok Kebinggungan Jika Wilayahnya Masuk Provinsi Baru Pemekaran Jawa Barat, UI Bakal Pindah dari Jabar?

Provinsi Riau, yang terletak di tengah Pulau Sumatra, adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan Kota Pekanbaru sebagai ibu kota atau pusat pemerintahan.

Provinsi ini memiliki luas wilayah administratif sekitar 87.023,66 kilometer persegi dan populasi penduduk sekitar 6.493.600 jiwa pada tahun 2021.

Administratif, Provinsi Riau terbagi menjadi 10 kabupaten dan 2 kota.

Belakangan ini, muncul isu tentang pemekaran Provinsi Riau menjadi dua provinsi baru. Hal ini berarti beberapa wilayah di Riau diwacanakan akan memisahkan diri dari provinsi ini.

Pertanyaannya adalah, daerah mana saja yang diwacanakan akan berpisah dari Provinsi Riau?

Baca juga: 9 Kabupaten Ini Resmi Lakukan Pemekaran dan Lahirkan Kabupaten Baru! Bukan Wacana, Cek Daftar Wilayah Tergabung

Baca juga: Inilah Daftar 3 Perguruan Tinggi Terbaik di Kabupaten Banjarnegara, Dapat Akreditasi Baik Nih! Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tamansiswa Termasuk?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya