Rencana Pemekaran Pulau Jawa Bakal Bentuk 9 Provinsi Baru, Jawa Tengah pecah 3 Daerah, Apa Saja? Cek Nama dan Kabupaten yang Bergabung

Rencana Pemekaran Pulau Jawa Bakal Bentuk 9 Provinsi Baru, Jawa Tengah pecah 3 Daerah, Apa Saja? Cek Nama dan Kabupaten yang Bergabung

Semarang-pemerintahan kota semarang -

SINERGIANEWS.com - Hal ini menjadi semakin kuat ketika Bupati Karanganyar, Juliyatmono, secara terbuka menyuarakan usulan ini.

Beliau juga mengungkapkan bahwa wacana ini sebenarnya sudah ada sejak Joko Widodo menjabat sebagai Walikota Surakarta.


Terlebih lagi, usulan ini makin mencuat ketika muncul informasi di media sosial mengenai rencana pembagian Pulau Jawa menjadi 9 provinsi.

Meskipun mendapatkan dukungan dari beberapa kepala daerah, namun usulan ini tampaknya masih memerlukan kajian ilmiah lebih lanjut dan perlu disepakati dalam rapat dewan sebelum akhirnya diresmikan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Meski masih memerlukan proses yang panjang dan perlu persetujuan dari berbagai pihak, tidak bisa dipungkiri bahwa rencana pembentukan Provinsi Surakarta dari pemekaran Jawa Tengah adalah ide yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi kenyataan di masa depan.



×


Dengan luas wilayah mencapai 11.112 km2, provinsi baru ini menjadi salah satu potensi perkembangan wilayah yang menarik untuk dicermati.

Baca juga: Apik Tenan! Dua Provinsi Baru Terbentuk di Jawa Timur, Uniknya Mereka Punya Nama yang Menarik, Tebak Nama Blambangan dari Mana?

Baca juga: Masya Allah! Ini Daftar Negara Asia yang Dukung Israel Terus Gempur Palestina

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya