Menyambut Bulan Ramadhan, Intip Deretan Menu Buka Puasa Hits yang Viral

Menyambut Bulan Ramadhan, Intip Deretan Menu Buka Puasa Hits yang Viral

Masakan Indonesia--

Memasuki bulan Ramadhan 2024, media sosial diramaikan dengan bermunculannya resep-resep menu buka puasa kreatif dan unik dari warganet.

Beberapa menu bahkan menjadi begitu viral hingga banyak yang memutuskan untuk mencoba memasak ulang (re-cook) di rumah. Jika Anda tengah mencari inspirasi menu buka puasa segar nan istimewa, simak rekomendasi berikut ini.

1. Es Sago Fruity


Siapa yang tidak kenal es sago khas Hong Kong yang menyegarkan? Es sago dengan isian buah-buahan seperti mangga, melon, semangka, dan campuran lelehan fla santan atau susu evaporasi sering kali menjadi hidangan pencuci mulut favorit saat berbuka.

Varian es sago melon pun tak kalah populer dengan kombinasi melon hijau dan kuning berlumur santan yang creamy.

2. Es Lumut Segar

Nama es lumut mungkin sedikit menyesatkan, karena minuman segar ini sama sekali tidak menggunakan lumut sebagai bahannya.



×


Es lumut terbuat dari agar-agar hijau yang dihancurkan hingga menyerupai gumpalan lumut, kemudian disajikan dengan kuah santan dan sagu mutiara.

Rasanya yang manis dan menyegarkan pasti mampu memulihkan tenaga setelah sepanjang hari berpuasa.

3. Es Jelly Fruity

Siapa yang bisa menolak kelezatan es jelly fruity yang penuh warna dan rasa buah-buahan? Hidangan ini merupakan paduan jelly berwarna merah dan hijau, bubble jelly, serta siraman sirup melon, jeruk, dan coco pandan atau stroberi.

Lengkapi dengan es kepruk, susu kental manis, dan taburan cokelat serut untuk menambah kenikmatan.

4. Ayam Goreng Bawang Putih

Pecinta bawang putih pasti jatuh hati dengan hidangan ayam goreng bawang putih ini.

Potongan ayam muda diasinkan dengan bumbu saus tiram, kecap asin, jahe, dan garam, lalu digoreng bersama dengan bawang putih bonggol utuh.

Setelah matang, taburkan lagi bawang putih di atasnya untuk menambah aroma harum menggiurkan.

5. Roti Boy Toast

Roti boy toast merupakan kreasi viral yang terinspirasi dari Mexican bun atau roti boy khas Malaysia.

Berbeda dengan proses pembuatan roti boy yang merepotkan, roti boy toast hanya menggunakan roti tawar yang diolesi campuran pasta kopi, mentega, dan gula sebelum dipanggang.

Hasilnya renyah di luar dengan rasa kopi yang khas seperti roti aslinya.

6. Oseng Mercon

Bagi yang hobi menu pedas, oseng mercon khas Yogyakarta bisa jadi pilihan tepat.

Hidangan ini terbuat dari daging sapi yang digoreng bersama bumbu seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan rempah lain yang menciptakan rasa pedas menggigit namun tetap sedap.

7. Udang Rambutan

Penampilan udang rambutan ini sungguh mencuri perhatian dengan bentuknya yang bulat menyerupai buah rambutan.

Udang yang dicampur daging ayam dan dibungkus dalam adonan tepung sagu serta kulit pangsit ini memiliki tekstur renyah di luar dan kenyal di dalam. Pasti jadi kejutan saat dihidangkan buka puasa nanti!

Mana yang menjadi menu favoritmu? Selain lezat dan menggugah selera, menu-menu hits tersebut umumnya juga menggunakan bahan-bahan sederhana sehingga mudah dibuat sendiri di rumah. Selamat mencoba dan selamat menjalankan ibadah puasa!

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya