Intip Kehebatan Julukan Kota Semerbak Jawa Tengah yang Berhasil Curi Perhatian 2 Provinsi Baru Pemekaran, Bakal Jadi Calon Ibu Kota?

Intip Kehebatan Julukan Kota Semerbak Jawa Tengah yang Berhasil Curi Perhatian 2 Provinsi Baru Pemekaran, Bakal Jadi Calon Ibu Kota?

daerah -unplash-

SINERGIANEWS.com - Intip Kehebatan Julukan Kota Semerbak Jawa Tengah yang Berhasil Curi Perhatian 2 Provinsi Baru Pemekaran, Bakal Jadi Calon Ibu Kota?

Kabar mengenai Kudus sebagai salah satu daerah yang akan masuk jadi rebutan dua provinsi baru di Jawa Tengah semakin terdengar. 


Kudus, sebuah kabupaten yang mendiami jantung Jawa Tengah, mengandung sejarah yang kaya dan nama yang penuh makna.

Nama "Kudus" ternyata berasal dari kata Al-Quds, yang memiliki kaitan erat dengan sejarah, agama, dan perjuangan tokoh-tokoh besar.

Kabupaten ini bukan hanya terkenal sebagai produsen utama rokok kretek di Jawa Tengah, tetapi juga diakui sebagai kota yang berakar kuat dalam budaya santri.



×


Baca juga: Transformasi Wilayah, Sumatera Utara Berencana Memekarkan Diri Menjadi Berapa Bagian Provinsi? Simak Detail Rinciannya di Sini!

Baca juga: Menelusuri Jejak Pahlawan! Wisata Sejarah Surabaya yang Menyimpan Kegigihan dan Kisah Kelam, Berikut Informasi Terkait Destinasi Bersejarah Ini!

Jejak Sejarah Sunan Kudus

Cerita Kudus tak lepas dari kisah Sunan Kudus. Dengan keahlian dan pengetahuannya, Sunan Kudus diamanahkan untuk memimpin jamaah haji, yang membuatnya mendapat gelar Amir Haji.

Amir Haji, atau pemimpin haji, adalah individu yang bertanggung jawab atas urusan para jama'ah haji. Sejarah mencatatnya pernah tinggal di Baitul Maqdis, Yerusalem, untuk mendalami ajaran Islam.

Saat itu, wabah penyakit mewabah dan menelan banyak korban jiwa.

Namun, berkat bantuan Ja'far Shoddiq, wabah itu berhasil diredakan. Sebagai penghargaan atas jasanya, seorang Amir di Palestina memberinya hak menguasai wilayah tertentu di Palestina.

Pemberian ini tertulis pada batu dengan huruf Arab kuno yang masih terjaga di atas Mihrab Masjid Menara Kudus.

Sunan Kudus memohon kepada Amir Palestina untuk memindahkan wewenang tersebut ke Pulau Jawa, permintaan yang akhirnya disetujui. Ja'far Shoddiq kembali ke Pulau Jawa dengan tugas penting ini.

Baca juga: Nambah Jumlah Penduduk? Inilah TOP 3 Kota Paling Ramai di Sumatera Selatan, Salah Satunya Hasil dari Pemekaran Wilayah?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya