Potensi Kudus yang Jadi Rebutan 2 Provinsi Baru Pemekaran Jawa Tengah! Gak Habis Pikir, Ternyata Ini Alasannya

Potensi Kudus yang Jadi Rebutan 2 Provinsi Baru Pemekaran Jawa Tengah! Gak Habis Pikir, Ternyata Ini Alasannya

daerah- ninastock/pixabay-

Wacana pemekaran Jawa Tengah dan Potensi Kudus 

su mengenai pemekaran provinsi baru dari Jawa Tengah beberapa waktu lalu telah menjadi topik hangat yang banyak diperbincangkan.

Salah satu isu yang mencuat adalah pembentukan dua calon provinsi baru yang akan dimekarkan dari Jawa Tengah, yang melibatkan Kota Kudus sebagai salah satu pusatnya.


Keputusan ini sepertinya akan memengaruhi banyak warga Kudus, yang kemungkinan harus bersiap-siap mengganti Kartu Tanda Penduduk (KTP) jika isu ini benar-benar terwujud.

Tapi mengapa Kota Kudus menjadi perhatian utama dalam rencana pemekaran ini?

Baca juga: Ibu Kota Baru! Rencana Pemebentukan Kabupaten Majenang yang Diduga Dipisahkan dari Kabupaten Cilacap, Kini Bersiap Menanti 10 Anggota Kecamatan  Sendiri?



×


Pertama-tama, Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia dengan luas wilayah mencapai 32.801 km2.

Provinsi ini terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota, dengan jumlah penduduk mencapai 36.742.501 jiwa.

Kendala yang muncul adalah pembangunan di provinsi ini sering kali dianggap tidak merata akibat luasnya wilayah dan sebaran penduduk yang sangat padat di beberapa daerah.

Baca juga: Dumai Bakal Singkirkan Tanjung Pinang Jadi Ibu Kota Kepri? Begini Isu Pemekaran dan Wacana Wilayah Baru di Riau

Hal ini mendorong munculnya ide-ide tentang pemekaran provinsi baru dari Jawa Tengah. Dalam isu ini, dua calon provinsi baru telah diusulkan, yang mencakup beberapa daerah pantura di Jawa Tengah.

Kota Kudus menjadi fokus perhatian dalam kedua wacana ini.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya