Pati dan Rembang Dikabarkan Segera Tinggalkan Jawa Tengah, Mengapa? Begini Wacana Pemekaran Provinsi di Indonesia

Pati dan Rembang Dikabarkan Segera Tinggalkan Jawa Tengah, Mengapa? Begini Wacana Pemekaran Provinsi di Indonesia

Rembang-rembangkab.go.id-

Wacana pemekan Muria Raya 

Dengan populasi sekitar 37.032.410 jiwa, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, pendapat tentang 'kegemukan' Jawa Tengah mungkin tidak sepenuhnya salah.

'Kegemukan' ini dapat berdampak pada pembangunan wilayah yang tidak merata, menciptakan kesenjangan pembangunan yang signifikan.


Baca juga: Sulawesi Tenggara Sulap Lahan Seluas 5.900 Ha, jadi Bendungan Terbesar ke-3 di Indonesia Akan Rampaung di Tahun 2027 dengan Dana 8 Trilliun

Baca juga: Rampung 2025 Proyek Smelter Nikel Termegah di Sulawesi Tengah Ini Nilainya Mencapai Rp37,5 Triliun

Muncul beragam usulan pemekaran wilayah di Jawa Tengah. Salah satunya adalah usulan untuk memekarkan provinsi ini menjadi satu provinsi tambahan.



×


Pembentukan Provinsi Muria Raya dianggap memiliki potensi karena beberapa syarat yang diharuskan untuk pemekaran wilayah telah terpenuhi.

Makin terdengar dan membuat sebagian wilayah di Pulau Jawa juga berencana akan melakukan hal yang sama. 

Beberapa perusahaan besar telah berdiri di wilayah ini, termasuk perusahaan rokok, perusahaan makanan ringan, perusahaan kertas, dan banyak industri lainnya.

Jika pembentukan provinsi baru ini terealisasi, Kabupaten Kudus, yang berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat pemerintahan Jawa Tengah, akan menjadi ibu kota dari provinsi baru "Muria Raya."

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya