5 Kabupaten Ini Masuk Wilayah Provinsi Muria Raya Pemekaran Jawa Tengah! Warganya Udah Tau Belum? Cek Kabupaten Kamu Disini

5 Kabupaten Ini Masuk Wilayah Provinsi Muria Raya Pemekaran Jawa Tengah! Warganya Udah Tau Belum? Cek Kabupaten Kamu Disini

Jepara-Perpustakaan Provinsi Jateng-

Muncul beragam usulan pemekaran wilayah di Jawa Tengah. Salah satunya adalah usulan untuk memekarkan provinsi ini menjadi satu provinsi tambahan.

Dalam skenario ini, provinsi baru yang akan dihasilkan dari pemekaran Jawa Tengah akan memiliki ibu kota yang terletak sekitar 70 kilometer dari Semarang, ibu kota Jawa Tengah saat ini.


Kabupaten yang terletak di posisi ini dianggap memiliki konektivitas sejarah yang kuat, sehingga dijadikan sebagai lokasi ibu kota.

Diperkirakan akan ada lima kabupaten yang bergabung dalam pembentukan provinsi baru ini, yang kemungkinan akan diberi nama "Muria Raya," seperti yang dilansir berdasarkan informasi dari laman patikab.go.id.

Pembentukan Provinsi Muria Raya dianggap memiliki potensi karena beberapa syarat yang diharuskan untuk pemekaran wilayah telah terpenuhi.



×


Salah satu syarat penting adalah jumlah daerah yang akan terlibat dalam pembentukan provinsi baru, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 35 yang menetapkan bahwa pembentukan provinsi baru setidaknya melibatkan 5 kabupaten atau kota.

Baca juga: Keindahan Pedesaan di Ketinggian 700 mdpl, Inilah Desa Wisata Tetebatu di Provinsi NTB: Lokasinya Mudah Diakses Loh

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya