10 Kabupaten Ini Putuskan Tetap Tinggal di Jawa Tengah Meski Isu Pemekaran Makin Gencar! Wonosobo dan Magelang Termasuk?

10 Kabupaten Ini Putuskan Tetap Tinggal di Jawa Tengah Meski Isu Pemekaran Makin Gencar! Wonosobo dan Magelang Termasuk?

daerah-unplash-

Wacana provinsi Banyumasan pemekaran Jawa Tengah 

Berita mengenai pemekaran wilayah di Jawa Tengah semakin menjadi topik perbincangan hangat, seiring dengan banyaknya daerah di Indonesia yang juga tengah merancang pemekaran wilayahnya.

Salah satu rencana pemekaran wilayah di Jawa Tengah melibatkan pembentukan beberapa provinsi baru. Provinsi-provinsi baru ini termasuk Provinsi Banyumasan, Provinsi Muria Raya atau Jawa Selatan, dan Provinsi Daerah Istimewa Surakarta.


Kabupaten-kabupaten lain yang akan mengikuti pemekaran termasuk Kabupaten Kebumen, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Purbalingga.

Rencananya, kabupaten-kabupaten tersebut akan menggunakan bahasa atau dialek Jawa sebagai bahasa resmi.

Mengingat luasnya wilayah Jawa Tengah mencapai 34.337 kilometer persegi, pemekaran ini mungkin menjadi langkah yang penting untuk memudahkan pemerintah dalam pembangunan dan administrasi.



×


Baca juga: Tantangan Pemekaran! Bagaimana BANDUNG Mungkin Jadi Provinsi Mandiri? Bocoran Terkini 2 Calon Provinsi Baru dari Jawa Barat

Baca juga: Apik Tenan! Dua Provinsi Baru Terbentuk di Jawa Timur, Uniknya Mereka Punya Nama yang Menarik, Tebak Nama Blambangan dari Mana?

Rencana provinsi Banyumas, yang akan dibagi menjadi tiga kabupaten baru, yaitu Kabupaten Banyumas Barat, Kabupaten Banyumas Timur, dan Kota Purwokerto.

Namun, Bupati Banyumas, Achmad Husein, tampaknya kurang setuju dengan gagasan pemekaran wilayah di Jawa Tengah dan pembentukan provinsi baru. Ia mengkhawatirkan bahwa pemekaran ini akan mengakibatkan pemborosan dana yang signifikan.

Meskipun begitu, ia mungkin akan mendukung pemekaran jika hanya berlaku pada wilayah tertentu, seperti di Banyumas.

Sebagai bagian dari rencana pemekaran, tujuh kabupaten dan dua kota dikabarkan akan menjadi otonom yang terpisah dari Jawa Tengah.

Salah satu kota yang terlibat adalah Kota Purwokerto, yang dipertimbangkan sebagai ibu kota dari Provinsi Banyumasan.

Baca juga: Menggali Akar Sejarah! Jejak Perjalanan Menuju Pembentukan Provinsi Baru dengan Tiga Kabupaten di Sumatera Barat, Begini Ulasannya!

Baca juga: Intip Kehebatan Julukan Kota Semerbak Jawa Tengah yang Berhasil Curi Perhatian 2 Provinsi Baru Pemekaran, Bakal Jadi Calon Ibu Kota?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya