Rencana Pemekaran Pulau Jawa Bakal Bentuk 9 Provinsi Baru, Jawa Tengah pecah 3 Daerah, Apa Saja? Cek Nama dan Kabupaten yang Bergabung

Rencana Pemekaran Pulau Jawa Bakal Bentuk 9 Provinsi Baru, Jawa Tengah pecah 3 Daerah, Apa Saja? Cek Nama dan Kabupaten yang Bergabung

Semarang-pemerintahan kota semarang -

Bila dihitung dari luas masing-masing daerah, wilayah provinsi baru ini memiliki potensi mencapai 11.112 km2.

Oleh karena itu, tampak jelas bahwa Surakarta, atau yang lebih akrab dikenal dengan Solo, akan menjadi ibu kota dari provinsi ini.


Keberadaan Solo sebagai ibu kota menjadi pilihan yang sangat strategis mengingat fasilitas-fasilitasnya yang sudah sangat lengkap.

Usulan untuk memberikan status provinsi ini mirip dengan apa yang dimiliki oleh Yogyakarta, yaitu sebagai Daerah Istimewa.

Kabar mengenai pemekaran wilayah Jawa Tengah selalu menjadi perhatian yang menarik banyak orang.



×


Rencana pemekaran ini telah mengundang banyak spekulasi dan ekspektasi dari masyarakat, terutama ketika ada usulan mengenai pembentukan provinsi-provinsi baru yang akan berasal dari pemekaran Jawa Tengah.

Baca juga: Ibu Kota Baru! Rencana Pemebentukan Kabupaten Majenang yang Diduga Dipisahkan dari Kabupaten Cilacap, Kini Bersiap Menanti 10 Anggota Kecamatan  Sendiri?

Baca juga: Provinsi Baru Riau Pesisir Berencana Ajak 5 Kabupaten Keluar Kepri! Cek Wilayah Ini Masuk Kabupaten Kamu?

Begitu banyak usulan yang muncul terkait dengan pembentukan provinsi baru ini.

Paling tidak, ada tiga nama provinsi yang berpotensi lahir sebagai hasil pemekaran dari Jawa Tengah.

Salah satunya adalah pembentukan provinsi dengan luas wilayah mencapai 11.112 km2 yang terdiri dari tujuh daerah yang saat ini masih berada di bawah naungan Jawa Tengah.

Pembentukan provinsi baru ini diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

Baca juga: Lepaskan Diri dari Wilayah Asal! Sulawesi Utara Bersiap Merencanakan Pemekaran Menjadi Dua Provinsi Baru, Diantaranya Manado?

Baca juga: Rencana Pembentukan Dua Provinsi Baru di Sulawesi Utara, Bagaimana Tanggapan Warga Manado Terkait Wacana Pemekaran Wilayah Baru?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya