Keberadaan Solo Bisa Gantikan Semarang Bikin Geger Warganya! Kabar Wacana Isu Pemekaran Wilayah Jawa Tengah Fakta atau Bohongan?

Keberadaan Solo Bisa Gantikan Semarang Bikin Geger Warganya! Kabar Wacana Isu Pemekaran Wilayah Jawa Tengah Fakta atau Bohongan?

Peta Jawa Tengah-map data-

Kabar mengenai pemekaran wilayah Jawa Tengah selalu menjadi perhatian yang menarik banyak orang.

Rencana pemekaran ini telah mengundang banyak spekulasi dan ekspektasi dari masyarakat, terutama ketika ada usulan mengenai pembentukan provinsi-provinsi baru yang akan berasal dari pemekaran Jawa Tengah.


Begitu banyak usulan yang muncul terkait dengan pembentukan provinsi baru ini.

Paling tidak, ada tiga nama provinsi yang berpotensi lahir sebagai hasil pemekaran dari Jawa Tengah.

Salah satunya adalah pembentukan provinsi dengan luas wilayah mencapai 11.112 km2 yang terdiri dari tujuh daerah yang saat ini masih berada di bawah naungan Jawa Tengah.



×


Pembentukan provinsi baru ini diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

Baca juga: Lepaskan Diri dari Wilayah Asal! Sulawesi Utara Bersiap Merencanakan Pemekaran Menjadi Dua Provinsi Baru, Diantaranya Manado?

Baca juga: Rencana Pembentukan Dua Provinsi Baru di Sulawesi Utara, Bagaimana Tanggapan Warga Manado Terkait Wacana Pemekaran Wilayah Baru?

Beliau juga mengungkapkan bahwa wacana ini sebenarnya sudah ada sejak Joko Widodo menjabat sebagai Walikota Surakarta.

Terlebih lagi, usulan ini makin mencuat ketika muncul informasi di media sosial mengenai rencana pembagian Pulau Jawa menjadi 9 provinsi.

Meskipun mendapatkan dukungan dari beberapa kepala daerah, namun usulan ini tampaknya masih memerlukan kajian ilmiah lebih lanjut dan perlu disepakati dalam rapat dewan sebelum akhirnya diresmikan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Meski masih memerlukan proses yang panjang dan perlu persetujuan dari berbagai pihak, tidak bisa dipungkiri bahwa rencana pembentukan Provinsi Surakarta dari pemekaran Jawa Tengah adalah ide yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi kenyataan di masa depan.

Dengan luas wilayah mencapai 11.112 km2, provinsi baru ini menjadi salah satu potensi perkembangan wilayah yang menarik untuk dicermati.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya