Provinsi Jawa Timur Resmi Atur Wilayah Baru! Peta Kediri Berubah dan Jadikan Ibu Kota Usai Lakukan Pemekaran Daerah

Provinsi Jawa Timur Resmi Atur Wilayah Baru! Peta Kediri Berubah dan Jadikan Ibu Kota Usai Lakukan Pemekaran Daerah

daerah-lera-nekrashev/unplash-

Isu terkait pemekaran wilayah Provinsi Jawa Timur, salah satu provinsi terbesar di Pulau Jawa, tengah mencuat ke permukaan.

Kota Kediri, yang berjarak sekitar 124 kilometer dari pusat Kota Surabaya, disebut-sebut sebagai calon ibu kota dari provinsi baru yang potensial terbentuk.


Baca juga: Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Bikin Geger Warganya! Kabupaten Gunungsitoli Dianggap Layak Gantikan Medan?

Baca juga: Makin Realistis! Pemekaran Sumut Ini Bakal Tunjuk Daerah Ini Jadi Satu Provinsi Baru, Namanya Apa? Warganya Wajib Tahu

Pembicaraan mengenai kemungkinan pemekaran wilayah di Provinsi Jawa Timur telah menjadi sorotan sejak beberapa waktu lalu.



×


Provinsi ini terkenal sebagai yang terluas di Pulau Jawa, dengan sembilan kota dan 29 kabupaten tersebar di wilayah administratifnya.

Spekulasi tentang kemungkinan pemekaran wilayah di sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur semakin berkembang.

Beberapa daerah disebut-sebut akan memisahkan diri dari provinsi yang pusat pemerintahannya berada di Kota Surabaya.

Salah satu rumor yang beredar adalah bahwa Kota Kediri berencana membentuk provinsi baru dengan nama Provinsi Jawa Selatan.

Baca juga: Menyelami Kebudayaan yang Autentik di Desa Wisata Cipta Karya dari Kalimantan Barat, Suguhkan Kekayaan Alam Melimpah Ruah: Mulai Flora, Fauna hingga Alat Musik!

Baca juga: Berkah Petani! Nganjuk Berdiri Kokoh sebagai Sumber Utama Penghasil Bawang Merah di Jawa Timur, Capai Produksi 1,9 Juta Kwintal?

Informasi yang menyatakan Kota Kediri sebagai ibu kota provinsi baru dengan nama Provinsi Jawa Selatan diklarifikasi sebagai hoaks atau berita palsu.

Saat ini, Indonesia masih terdiri dari 38 provinsi yang telah ditetapkan secara resmi. Tidak ada perubahan terkait pemekaran wilayah di Provinsi Jawa Timur yang telah terjadi. Oleh karena itu, perlu diingat bahwa kabar tersebut tidak memiliki dasar yang valid dan tidak dapat dipercaya.

Daftar kota dan Kabupaten yang Bakal Masuk Provinsi Baru di Jawa Timur 

Daftar Kota dan Kabupaten:

Kota Kediri (Ibu kota)
Kota Blitar
Kota Madiun
Kabupaten Nganjuk
Kabupaten Madiun
Kabupaten Blitar
Kabupaten Madiun
Kabupaten Trenggalek
Kabupaten Tulungagung
Kabupaten Ponorogo
Kabupaten Magetan
Kabupaten Ngawi
Kabupaten Pacitan

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya