Provinsi Jawa Selatan Dalam Pertimbangan! Jawa Timur Resmi Lakukan Pemekaran Wilayah Simak Ini 6 Kabupaten yang Bergabung

Provinsi Jawa Selatan Dalam Pertimbangan! Jawa Timur Resmi Lakukan Pemekaran Wilayah Simak Ini 6 Kabupaten yang Bergabung

daerah -unplash-

SINERGIANEWS.com - Ada beberapa wacana yang menunjukkan bahwa pemekaran wilayah di Jawa Timur sudah dalam tahap rundingan, yang dipimpin oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Jerpim Marbun.

Selain Jawa Timur, kota besar seperti Surabaya juga menjadi sorotan. Terdapat kabar yang menyebutkan bahwa Surabaya akan mengalami perubahan wilayah, dengan beberapa daerah yang melepaskan diri dan membentuk entitas tersendiri.


Rencana pemekaran di Jawa Timur semakin nyata dengan munculnya berbagai wacana. Beberapa daerah yang diprediksi akan menjadi provinsi sendiri akan terdiri dari 25 daerah, setelah 9 kabupaten dan kota di Jawa Timur memutuskan untuk pindah dari wilayah induknya.

Jumlah penduduk yang besar dan keragaman wilayah di Jawa Timur menjadi faktor utama dalam perencanaan pemekaran ini.

Baca juga: Ubah Status! Kini Muncul Wacana Pemisahan Lima Kabupaten di Kalimantan Barat, Apakah Gabung dengan Provinsi Baru?



×


Baca juga: Terbitnya Kabupaten-Kabupaten Baru, Perjalanan Menuju Otonomi di Dua Daerah yang Lepas dari Kabupaten Asmat akan Terealisasikan?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya