Bendungan JABAR Terbesar di Indonesia Ini Mampu Memberikan Manfaat Lebih, Mulai Tahan Banjir hingga Destinasi Wisata Terunik, Tebak Habis Berapa Miliar?

Bendungan JABAR Terbesar di Indonesia Ini Mampu Memberikan Manfaat Lebih, Mulai Tahan Banjir hingga Destinasi Wisata Terunik, Tebak Habis Berapa Miliar?

bendungan-Bluesnap/pixabay-

Presiden Soeharto meresmikan Bendungan Jatiluhur pada tanggal 26 Agustus 1967, yang menjadi tonggak penting dalam perkembangan infrastruktur dan pertanian di Indonesia.

Namun, apakah Anda tahu bahwa Bendungan Jatiluhur memiliki sejarah pembangunan yang unik? Proyek pembangunan bendungan ini dimulai pada tahun 1957 dan mengharuskan penduduk di daerah yang akan tergenang oleh bendungan untuk pindah ke daerah sekitarnya.


Baca juga: Intip Kehebatan Julukan Kota Semerbak Jawa Tengah yang Berhasil Curi Perhatian 2 Provinsi Baru Pemekaran, Bakal Jadi Calon Ibu Kota?

Baca juga: 2 Kabupaten Ini Tetap Setia di Jawa Tengah Usai Isu Wacana Pemekaran Makin Gencar! Cek Apa Daerah Kamu Termasuk?

Termasuk sebagian di antaranya yang beralih ke Kabupaten Karawang. Inilah salah satu pengorbanan yang diberikan oleh masyarakat demi pembangunan infrastruktur yang besar.



×


Bendungan Jatiluhur dirancang dengan kapasitas tampungan sebesar 3 miliar meter kubik, namun sayangnya.

Hasil pengukuran batimetri tahun 2000 mengungkap bahwa volume air yang dapat disimpan saat ini hanya mencapai 2,44 miliar meter kubik akibat sedimentasi. Ini menunjukkan tantangan dalam pemeliharaan dan pengelolaan bendungan ini.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya