Menelusuri Jejak Pahlawan! Wisata Sejarah Surabaya yang Menyimpan Kegigihan dan Kisah Kelam, Berikut Informasi Terkait Destinasi Bersejarah Ini!

Menelusuri Jejak Pahlawan! Wisata Sejarah Surabaya yang Menyimpan Kegigihan dan Kisah Kelam, Berikut Informasi Terkait Destinasi Bersejarah Ini!

daerah-PublicCo/pixabay-

Dalam pertempuran tersebut, banyak korban yang berjatuhan di kedua belah pihak, termasuk Jenderal Inggris A.W.S. Mallaby yang tewas di dalam mobil Buick miliknya.

Jenderal tersebut menghadapi ajalnya akibat terbakarnya granat yang dilemparkan oleh pemuda Surabaya pada tanggal 30 Oktober 1945.

  1. Museum 10 November dan Tugu Pahlawan: Memori Perjuangan Abadi

Museum 10 November, yang didirikan pada tanggal 10 November 1991, menjadi tempat yang memuat berbagai artefak dan informasi seputar pertempuran Surabaya. Museum ini menjadi pengingat akan perjuangan hebat para pahlawan dalam melawan penjajah.

Baca juga: Peroleh Hasil! Kabupaten Rokan Hulu Dimekarkan Provinsi Riau? Begini Proses Rencana Pemekaran Jadi Isu atau Sekedar Wacana?

Baca juga: ASTAGFIRULLAH! Menteri Israel Ancam Serang Gaza dengan Nuklir



×


Tugu Pahlawan, terletak di lapangan yang masih satu kompleks dengan museum, menjadi monumen yang menghormati pahlawan-pahlawan yang gugur dalam pertempuran tersebut.

Di lapangan ini, pemerintah setempat seringkali menggelar pertunjukan teatrikal yang memperingati peristiwa heroik pada Sepuluh November.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya