Apik Tenan! Dua Provinsi Baru Terbentuk di Jawa Timur, Uniknya Mereka Punya Nama yang Menarik, Tebak Nama Blambangan dari Mana?

Apik Tenan! Dua Provinsi Baru Terbentuk di Jawa Timur, Uniknya Mereka Punya Nama yang Menarik, Tebak Nama Blambangan dari Mana?

daerah-xiSerge/pixabay-

Mengingat masa lalu, Kota Kediri dianggap sebagai pusat kerajaan yang bersejarah, sehingga disarankan sebagai ibukota dari Provinsi Mataraman yang potensial ini.

  1. Provinsi Blambangan

Selain Provinsi Mataraman, Provinsi Blambangan juga muncul sebagai kandidat pemekaran dari Jawa Timur.


Wilayah ini berlokasi di ujung timur Pulau Jawa, yang meliputi Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, dan Kota Probolinggo.

Baca juga: Masya Allah! Ini Daftar Negara Asia yang Dukung Israel Terus Gempur Palestina

Baca juga: Peninggalan Legendaris Candi Borobudur Jadi Salah Satu Keajaiban Arsitektur Dunia Sekaligus Simbol Budaya, Abad ke Berapa Dibangun?



×


Baca juga: Inilah Destinasi Wisata Karawang yang Harus Dikunjungi! Bukit Kembar Puncak Pinus Menjadi Favorit Pengunjung

Nama Blambangan diambil dari nama kerajaan yang pernah berdiri di wilayah tersebut pada masa lalu.

Kabupaten Jember dinominasikan sebagai ibukota Provinsi Blambangan yang sedang dalam wacana pemekaran ini, namun hingga saat ini, belum ada pembahasan lebih lanjut mengenai rencana tersebut.

Melalui pemekaran ini, Pulau Jawa tampaknya akan semakin dipenuhi dengan provinsi-provinsi baru di masa depan.

Isu-isu ini tentu memunculkan berbagai diskusi dan perdebatan tentang keuntungan dan kerumitan pemekaran provinsi di Jawa Timur.

***

 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya