Wacana Pemekaran Pulau Kalimantan Ini Bakal Bentuk 5 Provinsi Baru! Cek Ini Daftarnya dan Lokasi Wilayah Hasil Perluasan

Wacana Pemekaran Pulau Kalimantan Ini Bakal Bentuk 5 Provinsi Baru! Cek Ini Daftarnya dan Lokasi Wilayah Hasil Perluasan

daerah- ninastock/pixabay-

5 provinsi baru pemekaran pulau Kalimantan 

Provinsi Kapuas Raya: Provinsi ini diwacanakan akan dimekarkan dari wilayah Kalimantan Barat. Kabupaten-kabupaten yang akan menjadi wilayahnya termasuk Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, dan Kapuas Hulu.

Provinsi Tanjungpura: Provinsi ini juga direncanakan akan dimekarkan dari wilayah Kalimantan Barat. Wilayahnya akan mencakup kabupaten-kabupaten seperti Kayong Utara, Hulu Aik, Ketapang, Tumbang Titi, dan Jelai Kendawangan Raya.


Provinsi Kotawaringin: Provinsi Kotawaringin direncanakan akan dimekarkan dari wilayah Kalimantan Tengah. Kabupaten-kabupaten yang akan menjadi wilayahnya termasuk Sukamara, Lamandau, Kotawaringin Barat, Seruyan, dan Kotawaringin Timur.

Baca juga: Provinsi Muria Raya Bakal Hebohkan Jawa Tengah! Grobongan dan Blora Pilih Masuk Wilayah Baru, Gimana Respon Warganya?

Baca juga: Waduh! Warga Depok Kebinggungan Jika Wilayahnya Masuk Provinsi Baru Pemekaran Jawa Barat, UI Bakal Pindah dari Jabar?



×


Provinsi Barito Raya: Provinsi Barito Raya diwacanakan akan dimekarkan dari wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Wilayahnya akan mencakup empat kabupaten dari Kalimantan Tengah, yaitu Murung Raya, Barito Utara, Barito Selatan, dan Barito Timur, serta satu kabupaten dari Kalimantan Selatan, yaitu Barito Kuala.

Provinsi Kalimantan Tenggara: Provinsi ini direncanakan akan dimekarkan dari wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya