Pulau Kalimantan Bikin Gempar Usai 6 Provinsi Baru Ini Bakal Dibuat, Daerah Baru Kotawaringin Kabupatennya Mana Saja

Pulau Kalimantan Bikin Gempar Usai 6 Provinsi Baru Ini Bakal Dibuat, Daerah Baru Kotawaringin Kabupatennya Mana Saja

daerah-tiff-ng/pexels\-

SINERGIANEWS.com - Pulau Kalimantan Bikin Gempar Usai 6 Provinsi Baru Ini Bakal Dibuat, Daerah Baru Kotawaringin Kabupatennya Mana Saja. 

Kalimantan, dikenal dengan julukan 'Pulau Seribu Sungai', memang diberkahi dengan kekayaan alam yang melimpah, terutama berkat jaringan sungai yang menghiasi daratan ini.


Lima provinsi, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah, membentuk pulau yang kaya ini.

Namun, jika kita melihat ke belakang dalam sejarah, kita akan menemukan bahwa awalnya hanya ada satu provinsi, yaitu Provinsi Borneo, yang mengelola semua harta alam dan keindahan Pulau Kalimantan ini.

Terkini, wacana tentang pembentukan provinsi-provinsi baru di Pulau Kalimantan semakin intens. Beberapa wilayah potensial telah diusulkan untuk menjadi provinsi-provinsi baru di pulau ini, menciptakan dinamika baru dalam peta administrasi Indonesia.



×


Wacana pembentukan daerah otonomi baru (DOB) di Indonesia terus menjadi topik yang menarik.

Di Pulau Kalimantan, juga dikenal sebagai Borneo, ada sejumlah wacana yang mendapatkan perhatian khusus.

Baca juga: Provinsi Pulau Sumbawa Bakal Ajak 6 Kabupaten Ini Bergabung dan Buat Daerah Baru! Jangan Kaget Ini Daerah Ibu Kotanya

Baca juga: Terbitnya Kabupaten-Kabupaten Baru, Perjalanan Menuju Otonomi di Dua Daerah yang Lepas dari Kabupaten Asmat akan Terealisasikan?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya