Provinsi Jambi Gak Bisa Lolos! Kabupaten Ini Sepakat Bergabung dengan Sumbar Bentuk Ptrovinsi Baru, Begini Wacana Sumteng

Provinsi Jambi Gak Bisa Lolos! Kabupaten Ini Sepakat Bergabung dengan Sumbar Bentuk Ptrovinsi Baru, Begini Wacana Sumteng

daerah-owen-lystrup/unplash-

Pemekaran Sumatera Tengah

Perjuangan untuk merdeka dari Provinsi Sumatera Selatan Barat (Sumselbar) menciptakan gelombang perubahan di Pulau Sumatera.

Namun, tidak hanya Sumselbar yang berjuang; rencana pembentukan Provinsi Sumatera Tengah (Sumteng) juga memunculkan dinamika menarik.


Inisiator utama di balik wacana pembentukan Sumteng adalah Zulfikar Atut Datuk Penghulu Besar. Seorang tokoh yang memiliki peran penting dalam mewujudkan mimpi tersebut.

Sumteng akan dibentuk dari tujuh kabupaten yang berada di Provinsi Jambi, Sumatera Barat, dan Riau.

Baca juga: Nonton Battle Through The Heavens Season 5 Ep 70 Subtitle Indonesia (BTTH S5 Ep 70 SUB Indo) Streaming WeTV Bukan Anixverse Anichin kazefuri



×


Baca juga: Kota Duri Calon Wilayah Pertama di Kepulauan Riau yang Bakal Keluar! Cek Kabupaten Lainnya yang Pilih Masuk Riau Pesisir

Sumteng akan dibentuk dari tiga kabupaten Provinsi Jambi, yaitu Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, dan Kabupaten Bungo.

Selain itu, tiga kabupaten dari Provinsi Sumatera Barat turut ambil bagian, yakni Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, dan Kabupaten Sijunjung.

Kabupaten Kuansing dari Provinsi Riau juga akan menyatu dalam entitas baru ini.

Wacana pembentukan Sumteng tidak hanya sebatas impian semata. Seluruh syarat untuk pembentukan ini diklaim telah terpenuhi.

Dengan jumlah penduduk mencapai 1.84 juta dan luas wilayah mencapai 23.1 ribu kilometer persegi, Sumteng memiliki dasar yang kuat untuk menjadi provinsi baru.

Baca juga: Kuliner Kopi Tubruk Terbaik di Malang! 4 Cafe Hits dengan Pemandangan Seru Bak Berada di Pinggir Pantai, Ini Info Jadwal Operasional!

Baca juga: Intip Keunggulan Kota Batam Calon Provinsi Baru Pemekaran Kepri yang Punya Sejuta Keindahan Mendunia, Paantas Bikin Iri Negara Tetangga

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya