Provinsi Luwu Raya Bikin Gebrakan! Daerah Baru Pemekaran Sulawesi Selatan Ini Ajak 5 Kabupaten Gabungan

Provinsi Luwu Raya Bikin Gebrakan! Daerah Baru Pemekaran Sulawesi Selatan Ini Ajak 5 Kabupaten Gabungan

daerah-pixabay-

Provinsi Sulawesi Selatan dengan luas wilayah mencapai 45.330,550 kilometer persegi menampilkan variasi dalam ukuran daerah administratifnya.

Menurut laporan Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Angka 2023, Kota Parepare merupakan yang terkecil dengan luas wilayah sekitar 89,670 kilometer persegi.


Di sisi lain, Kabupaten Luwu Timur mencatatkan diri sebagai yang terluas dengan wilayah mencapai 6.745,921 kilometer persegi.

Baca juga: Luasnya Cuma 1,572 Km, Kota Kecil Ini Berani Ajukan Diri Jadi WIlayah Provinsi Jika Benar Kepri Bakal Lakukan Pemekaran, Serius Nih?

Munculnya kabar mengenai potensi pemisahan Kota Palopo dari Provinsi Sulawesi Selatan dan kemungkinan bergabung dengan provinsi baru yang disebut Provinsi Luwu Raya memunculkan isu pemekaran wilayah.



×


Rencana ini melibatkan empat kabupaten dan satu kota, yaitu Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Timur, dan Kabupaten Luwu Tengah.

Baca juga: Bikin Minder Pulau Jawa! Wacana Pemekaran Sumatera Ini Wujudkan Sumselbar dengan Luas Fantastis, Kabupaten Muara Enim Calon Ibu Kota?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya