Provinsi Riau Gagal Move On Usai Daerah Ini Dikabarkan Bakal Lepas dari Wilayah Pusat? Pesisir Riau dan Calon Ibu Kotanya

Provinsi Riau Gagal Move On Usai Daerah Ini Dikabarkan Bakal Lepas dari Wilayah Pusat? Pesisir Riau dan Calon Ibu Kotanya

daerah -raja-meliala/unplash-

Wacana provinsi Riau 

Provinsi Riau, yang terletak di Pulau Sumatera dengan pusat pemerintahan di Kota Pekanbaru, kini menjadi sorotan isu terkait pemekaran wilayahnya.

Wacana ini menciptakan ketertarikan dan penasaran di kalangan warga Riau mengenai kemungkinan terbentuknya sebuah provinsi baru.


Berdasarkan informasi yang beredar, dikabarkan bahwa daerah yang berjarak 176 kilometer dari ibu kota Riau, Pekanbaru, akan menjadi pusat pemerintahan dari provinsi baru yang direncanakan.

Baca juga: Berkembang Jadi Berapa? Melihat Lebih Secara Detail Daerah Menarik di Kalimantan Timur, Hasil Pemekaran dari Bekas Kerajaan

Baca juga: Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Bikin Geger Warganya! Kabupaten Gunungsitoli Dianggap Layak Gantikan Medan?



×


Kelima kabupaten dan kota yang direncanakan akan bergabung membentuk provinsi baru ini antara lain Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, dan Kota Dumai.

Data BPS tahun 2023 mencatat bahwa populasi penduduk Riau secara keseluruhan berjumlah 6.735.329 jiwa.

Wacana pemekaran wilayah Riau telah lama beredar, dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan, menyederhanakan kendali administratif, serta meningkatkan pelayanan demi kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Panjang 580 Meter! Terowongan Buatan Belanda Ini Menjadi Tunnel Paling Panjang di Jawa Tengah, Saat Ini Sudah Beroperasi Kembali? 

Selain itu, wilayah lain yang akan dimekarkan dari Riau termasuk Provinsi Riau Pesisir, Kabupaten Gunung Sailan Darussalam, Kota Duri, dan Kabupaten Rokan Darussalam.

Perlu diingat bahwa isu pemekaran ini masih dalam tahap wacana dan belum melalui proses panjang. Untuk mewujudkannya, diperlukan persetujuan resmi dari pemerintah pusat.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya