Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Bikin Geger Warganya! Kabupaten Gunungsitoli Dianggap Layak Gantikan Medan?

Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Bikin Geger Warganya! Kabupaten Gunungsitoli Dianggap Layak Gantikan Medan?

daerah-andreas-bruck/unplash-

Pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Utara menjadi sorotan utama. Rencananya, Provinsi Sumatera Utara akan dibagi menjadi lima provinsi baru.

Salah satunya adalah Provinsi Kepulauan Nias, yang mendapat perhatian khusus karena keempat kabupaten di dalamnya termasuk daerah tertinggal.


Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meskipun moratorium DOB masih menjadi kendala yang belum terselesaikan.

Kota Gunungsitoli dan empat kabupaten, yaitu Nias, Nias Utara, Nias Selatan, dan Nias Barat, direncanakan akan bergabung dalam pembentukan provinsi baru ini.

Jika pemekaran ini terwujud, Provinsi Kepulauan Nias akan memiliki luas wilayah sekitar 5.620 kilometer persegi dan diperkirakan memiliki populasi sekitar 890 ribu jiwa, sesuai hasil sensus penduduk BPS tahun 2022.



×


Baca juga: Maluku Utara dan Wacana Daerah Baru! Bikin Syok, 8 Kecamatan Ini Berubah Jadi Kabupaten, Kok Bisa? Begini Penjelasannya

Baca juga: Telusuri Jejak Sejarah Desa di Riau yang Terpilih Menjadi Juara ADWI 2023, Berdiri Sejak Zaman Kerajaan Siak Sri Indrapura?

Sebelumnya, wacana pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Utara sudah mencakup pembentukan tiga provinsi baru.

Meskipun demikian, moratorium DOB yang belum dicabut menjadi penghambat utama.

 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya