Panjang 580 Meter! Terowongan Buatan Belanda Ini Menjadi Tunnel Paling Panjang di Jawa Tengah, Saat Ini Sudah Beroperasi Kembali? 

Panjang 580 Meter! Terowongan Buatan Belanda Ini Menjadi Tunnel Paling Panjang di Jawa Tengah, Saat Ini Sudah Beroperasi Kembali? 

terowongan-Pexels/pixabay-

Seiring berjalannya waktu, Terowongan Ijo tidak hanya menjadi jalan bagi kereta api, tetapi juga menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah.

Pintu gerbang terbuka untuk umum pada tanggal 20 Juli 1887, bertepatan dengan peresmian jalur kereta api Yogyakarta-Cilacap yang memukau.


Baca juga: BACA SEKARANG! Lookism Chapter 474 SUB INDO, Manhwa Aksi Lookism Full Episode Bahasa Indonesia

Baca juga: NAGIH Terus! Yuk Cicip Beberapa Kelezatan Khas Bali yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Berlibur, Rasakan Sensasi Nikmatnya!

Menggali lebih dalam, kita dapat merasakan ketegangan sejarah yang terukir dalam dinding batu setebal 580 meter tersebut. Terowongan Ijo bukan hanya menyediakan saluran transportasi efisien, melainkan juga menjadi saksi bisu perubahan zaman di tanah Jawa Tengah.



×


Maka, jika Anda memiliki kesempatan untuk menyusuri terowongan ini, bayangkanlah suara-suara lalu lintas kereta api di masa lalu yang masih bergema di antara lorong batu megah tersebut. Terowongan Ijo, sebuah karya monumental yang terus hidup dalam ingatan kolektif Jawa Tengah.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya