Menggali Akar Sejarah! Jejak Perjalanan Menuju Pembentukan Provinsi Baru dengan Tiga Kabupaten di Sumatera Barat, Begini Ulasannya!

Menggali Akar Sejarah! Jejak Perjalanan Menuju Pembentukan Provinsi Baru dengan Tiga Kabupaten di Sumatera Barat, Begini Ulasannya!

daerah-JacekAbramowicz/pixabay-

Di sisi selatan dan timur, Kabupaten Dharmasraya berbatasan dengan Kabupaten Bungo, Kabupaten Kerinci, dan Kabupaten Tebo, yang merupakan bagian dari Provinsi Jambi.

Sijunjung - Terluas Ketiga di Sumatera Barat


Kabupaten Sijunjung, yang juga masuk dalam rencana pembentukan provinsi baru, pernah menjadi kabupaten terluas ketiga di Sumatera Barat sebelum pemekarannya.

Kabupaten ini berlokasi di persimpangan jalur utama yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Provinsi Riau dan Provinsi Jambi.

Baca juga: Nambah Kawasan! Mari Mengupas Rencana Pembentukan Provinsi Mataraman Baru, Trenggalek Beserta Jajarannya Ikut Terlibat Pemekaran, Jawa Timur Semakin Ramai?



×


Baca juga: Ibu Kota Baru! Rencana Pemebentukan Kabupaten Majenang yang Diduga Dipisahkan dari Kabupaten Cilacap, Kini Bersiap Menanti 10 Anggota Kecamatan  Sendiri?

Sijunjung juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Perjalanan Sijunjung dalam meraih otonomi kini menjadi satu aspek yang menarik untuk diamati.

Solok Selatan: Lahir Bersama Dharmasraya

Kabupaten Solok Selatan, yang juga sedang dalam perbincangan untuk bergabung dengan provinsi baru, dibentuk bersamaan dengan Kabupaten Dharmasraya.

Pemekaran ini diatur oleh Undang-Undang No. 38 Tahun 2003. Kabupaten Solok Selatan memiliki luas wilayah mencapai 3.346,20 kilometer persegi dan pada tahun 2020, dihuni oleh sekitar 182.936 jiwa.

Solok Selatan menjadi bagian penting dalam perkembangan rencana pembentukan provinsi baru di Sumatera Barat.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya