Peninggalan Legendaris Candi Borobudur Jadi Salah Satu Keajaiban Arsitektur Dunia Sekaligus Simbol Budaya, Abad ke Berapa Dibangun?

Peninggalan Legendaris Candi Borobudur Jadi Salah Satu Keajaiban Arsitektur Dunia Sekaligus Simbol Budaya, Abad ke Berapa Dibangun?

Candi Borobudur--

Tidak kurang dari seorang arsitek hebat, Gunadharma, ikut berkontribusi dalam perancangan candi megah ini.

Pergumulan di Bawah Tanah dan Abu Vulkanik


Sejarah Candi Borobudur tidak selalu cerah. Reruntuhan megah ini, pada suatu masa, terkubur di bawah tanah dan abu vulkanik selama berabad-abad. Kemungkinan besar, ini adalah akibat letusan Gunung Merapi yang mematikan.

Pemugaran yang Mengembalikan Kehidupan

Beruntung, pada tahun 1911, pemerintahan Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jawa, berhasil memulihkan keagungan Candi Borobudur. Sejak saat itu, candi ini telah menjadi destinasi wisata yang menakjubkan bagi wisatawan dari seluruh dunia.



×


Baca juga: 9 Kabupaten di NTT Ini Resmi Lakukan Pemekaran dan Lahirkan Kabupaten Baru! Bukan Wacana, Cek Daftar Wilayah Tergabung

Baca juga: Provinsi Muria Raya Bakal Hebohkan Jawa Tengah! Grobongan dan Blora Pilih Masuk Wilayah Baru, Gimana Respon Warganya?

Mengunjungi Candi Borobudur bukan hanya tentang menikmati keindahan arsitektur kuno, tetapi juga merenungkan sejarah yang melingkupinya.

Candi ini adalah bukti hidup dari kemegahan peradaban Budha di Indonesia, dan sebuah pengingat akan keindahan warisan budaya yang harus kita lestarikan.

Jadi, ketika kamu berencana untuk mengunjungi Jawa Tengah, pastikan untuk menyertakan Candi Borobudur dalam daftar perjalananmu.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya