Wacana Pemekaran Kalimantan Tengah Benar Jadi Prioritas Pemerintah? Nama Provinsi Baru Jadi Perhatian Publik

Wacana Pemekaran Kalimantan Tengah Benar Jadi Prioritas Pemerintah? Nama Provinsi Baru Jadi Perhatian Publik

daerah -unplash-

Wacana pemekaran Kalimantan Tengah 

Kalimantan Tengah, sebuah provinsi yang mendiami Pulau Kalimantan, menduduki peringkat pertama dalam hal luas wilayah di antara seluruh provinsi di Kalimantan.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa Kalimantan Tengah memiliki wilayah yang membesar, mencapai angka 153,564.5 km².


Kepemilikan wilayah yang seluas itu membuat munculnya wacana pemekaran Provinsi Kalimantan Tengah, yang telah menjadi topik pembicaraan yang terus berkembang.

Pemekaran provinsi terakhir yang terjadi di Indonesia adalah pada tahun 2022, ketika Papua menjadi salah satu provinsi yang mengalami pemekaran.

Kini, wacana pemekaran Kalimantan Tengah telah menarik perhatian dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin.



×


Baca juga: Bikin Deg-degan! Kabupaten Baru Hasil Pemekaran Garut Jawa Barat Ini Keluarkan 20 Kecamatan Sekaligus? SImak Wacana Daerah Baru

Sebagaimana diperlihatkan oleh pengalaman pemekaran wilayah lain sebelumnya, sebuah pemekaran yang tergesa-gesa dapat memperlambat perkembangan wilayah yang bersangkutan.

Oleh karena itu, saat ini pemerintah tengah melakukan evaluasi yang lebih mendalam dan belum ada kepastian mengenai kapan pemekaran ini akan benar-benar direalisasikan.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya