Mengungkap Rahasia Tersembunyi! Ternyata Asal-usul Telaga Warna Bogor Menyimpan Banyak Misteri, dari Kisah Nyata atau Legenda?

Mengungkap Rahasia Tersembunyi! Ternyata Asal-usul Telaga Warna Bogor Menyimpan Banyak Misteri, dari Kisah Nyata atau Legenda?

daerah- jpeter2/pixabay-

Misteri terpecahkan saat Prabu Swarnalaya melanggar pantangan dengan berburu rusa di Gunung Mas.

Kejadian ini kemudian membuatnya mengasingkan diri untuk melakukan pertapaan guna mendapatkan pertolongan dari alam. Dan akhirnya, permaisuri yang disayanginya, Ratu Purbamanah, mengandung.


Kelahiran seorang putri yang dinamai Dewi Kuncung Biru pun menjadi berita bahagia dalam kerajaan mereka. Namun, kebahagiaan itu tak bertahan lama, karena Dewi Kuncung Biru tumbuh menjadi seorang putri yang rakus dan manja.

Saat rakyat memberikannya harta benda, ia menolak mereka dengan kasar dan seolah tak pernah cukup dengan apa yang dimilikinya.

Bahkan saat sebuah pesta yang meriah, Dewi Kuncung Biru merasa kecewa dengan perhiasan yang diberikan padanya, dan dengan tindakannya yang gegabah, ia membuangnya dengan ceroboh.



×


Baca juga: Tidak Dikira-duga! 5 Usulan Pemekaran Kota Baru di Jawa Libatkan Banyaknya Perubahan Wilayah, Salah Satunya Kabupaten Karawang?

Baca juga: Jangan Kaget! Lampung Timur Persiapkan 2 Wilayah Baru Pemekaran Daerah, Kabupaten Lampung Tenggara Paling Ditunggu?

Tindakan gegabah ini membuat alam membalasnya dengan kemurkaan. Hujan lebat, badai yang mengerikan, tanah yang terbelah, dan air bah menghantam Kerajaan Kutatanggeuhan, yang tenggelam ke dalam kedalaman bawah Telaga Warna.

Ketika badai akhirnya mereda, Kerajaan Kutatanggeuhan lenyap dari wajah bumi, digantikan oleh Telaga Warna yang sekarang kita kenal sebagai destinasi wisata yang menakjubkan.

Telaga yang sekilas mungkin tampak tenang ini sebenarnya adalah saksi bisu dari sebuah tragedi yang diakibatkan oleh keserakahan.

Kisah Telaga Warna Puncak ini, selain menjadi bagian tak terpisahkan dari cerita rakyat Jawa Barat, juga menyampaikan pesan moral yang dalam tentang bahaya keserakahan.

Sebuah peringatan yang menjelaskan betapa perilaku kita dapat berdampak pada diri sendiri dan orang lain serta pentingnya menjaga keseimbangan dalam hidup.

Maka, saat Anda mengunjungi Telaga Warna Puncak, selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa merenungkan makna yang terkandung dalam legenda ini.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya