Takut Imunisasi? Berikut Manfaat Imunisasi dan Vaksinasi Bagi Kesehatan Anda

oleh
Manfaat Imunisasi dan Vaksinasi Bagi Kesehatan Anda
Manfaat Imunisasi dan Vaksinasi Bagi Kesehatan Anda

Sinergianews.com – Pemerintah Indonesia terus menggalakkan program imunisasi karena manfaatnya yang banyak. Bayi sampai usia tertentu diharapkan menerima vaksinasi dengan jadwal yang telah ditentukan.

Vaksinasi adalah istilah yang mengacu pada proses mengimunisasi diri sendiri. Imunisasi adalah mekanisme yang mengembangkan kekebalan atau ketahanan seseorang terhadap penyakit tertentu. Imunisasi dilakukan dengan pemberian vaksin yang mengaktifkan sistem kekebalan menjadi kebal terhadap penyakit.

Imunitas pasif adalah proses di mana bayi baru lahir dipasok dengan antibodi alami dari rahim ibunya. Sebaliknya, kekebalan pasif hanya akan bertahan beberapa minggu atau bulan setelah bayi lahir. Selanjutnya, bayi rentan terhadap berbagai penyakit yang menyerang tubuhnya.

Akibatnya, diperlukan vaksinasi untuk mengembangkan kekebalan terhadap suatu penyakit. Ini dilakukan dengan pembentukan antibodi pada konsentrasi tertentu. Untuk memastikan perkembangan antibodi yang diperlukan, semua bayi dan orang dewasa harus divaksinasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh jenis penyakit yang dicegah.

Advertisements

Vaksin tertentu cukup untuk diberikan satu kali, tetapi beberapa harus diberikan beberapa kali dan diulangi pada usia tertentu. Memang, apa manfaat kesehatan dari vaksinasi?

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Imunisasi tidak menjamin dapat menghilangkan penyakit secara tuntas. Sebaliknya, imunisasi memperkuat sistem kekebalan, yang berarti bahwa ketika infeksi tersebut tertular, efeknya lebih ringan dan lebih mudah diobati daripada pada orang yang tidak diimunisasi sama sekali. Tanpa vaksinasi, sistem kekebalan tubuh terganggu, membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit ekstrem.

Advertisements2