Sering Alami Sariawan, Berikut Tips Cara Menyembuhkannya

oleh
Cara Mengatasi Sariawan
Cara Mengatasi Sariawan

Sinergianews.com – Sariawan bisa sangat menyusahkan saat makan, berbicara, dan tidur. Sariawan juga dapat disebabkan oleh kelelahan, alergi makanan, tertular virus atau infeksi jamur, cedera yang berhubungan dengan menyikat gigi, atau kekurangan vitamin dan mineral.

Meskipun menyakitkan, sariawan biasanya tidak berbahaya dan sembuh dengan sendirinya seiring waktu. Namun, Anda dapat mempercepat proses penyembuhan dengan melakukan salah satu tindakan berikut di rumah untuk mengatasi sariawan yang dapat menyengat dan membuat mulut terasa nyeri, seperti:

Mengunyah Daun Sirih

Daun sirih adalah obat alami yang terkenal untuk sariawan karena sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakterinya yang tinggi. Anda sebaiknya mencoba mengobati sariawan dengan berkumur dengan air rebusan daun sirih atau mengunyahnya langsung dengan sedikit garam. Selain itu, prosedur ini berguna untuk gigi berdarah dan digunakan untuk menghilangkan bau mulut.

Namun, kehati-hatian harus dilakukan saat mengunyah daun sirih, karena dapat menyebabkan peradangan yang memperparah sariawan.

Advertisements

Mengoleskan Madu

Bukan lagi misteri bahwa khasiat madu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Karena kandungan alami madu berupa hidrogen peroksida yang berasal dari enzim lebah berperan sebagai antibiotik alami, maka madu sering digunakan sebagai obat alami untuk penyakit seperti luka sariawan. Oleskan madu ke area sariawan setiap hari, setidaknya lima kali sehari. Selain itu, Anda bisa berkumur dengan air hangat dan madu sebelum mengoleskan madu ke daerah yang terinfeksi.

Mengoleskan Minyak Kelapa

Selain madu, minyak kelapa sering digunakan untuk merawat kondisi kulit. Minyak kelapa, di sisi lain, berfungsi sebagai anti-inflamasi pada sariawan dengan melembutkannya dan menghentikan bakteri bersarang di mulut. Jika Anda memiliki minyak kelapa murni, Anda dapat menyembuhkan dan melembutkan sariawan dengan meneteskan minyak kelapa murni pada kapas yang bersih dan lembut, diamkan selama beberapa menit, dan ulangi hingga minyak kelapa tidak lagi menyengat di mulut Anda. .

Tingkatkan asupan vitamin, buah, dan sayuran

Sementara beberapa orang menyatakan bahwa vitamin C dapat membantu dalam penyembuhan sariawan, dokter gigi menyatakan bahwa sebenarnya vitamin B, B6, dan B12 yang membantu dalam penyembuhan sariawan. Cara yang tepat untuk meredakan radang sariawan adalah dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin tersebut.

ad-sn

Advertisements2