Ungkap Sejarah di Destinasi Wisata Kota Surabaya yang Dapat Dikunjungi, Mengenang Hari Pahlawan 10 November Nanti!

Ungkap Sejarah di Destinasi Wisata Kota Surabaya yang Dapat Dikunjungi, Mengenang Hari Pahlawan 10 November Nanti!

Ilustrasi-designerpoint/pixabay-

Kini, di atas atap hotel ini masih kokoh berdiri tiang bendera merah putih, mengingatkan kita pada perjuangan Arek-Arek Suroboyo yang dengan gagah berani naik ke atap hotel untuk merobek kain biru di bendera Belanda, meninggalkan warna merah dan putih yang kita kenal saat ini.

Jembatan Merah


Saksi Perlawanan Pejuang Kemerdekaan Jembatan Merah di Jalan Kembang Jepun adalah saksi bisu dari pertempuran sengit antara pejuang kemerdekaan Indonesia dan tentara sekutu.

Di tempat ini, para pahlawan berjuang dengan segala daya dan upaya untuk melawan tentara sekutu dengan perlengkapan perang yang ada.

Pertempuran ini menelan banyak korban dari kedua belah pihak, termasuk Jenderal Inggris A.W.S. Mallaby yang tewas di dalam mobil Buick miliknya.



×


Baca juga: Kabar Burung! Muncul 5 Daerah Berpotensi Menjadi Kabupaten Kota Baru di Provinsi Banten, Ubah Identitas atau Nambah Personil?

Baca juga: Warga Medan Siap-siap! Wacana Provinsi Baru Pemekaran Sulawesi Utara Ini Bakal Jadi Wilayah Terbesar Sebab Ajak 5 Kabupaten Bergabung

Baca juga: Bikin Deg-degan! Kabupaten Baru Hasil Pemekaran Garut Jawa Barat Ini Keluarkan 20 Kecamatan Sekaligus? SImak Wacana Daerah Baru

Kematian jenderal ini disebabkan oleh ledakan granat yang dilemparkan oleh pemuda Surabaya pada tanggal 30 Oktober 1945. Jembatan Merah menjadi simbol perlawanan dan keberanian para pejuang kemerdekaan Indonesia.

Museum 10 November dan Tugu Pahlawan

Merayakan Kegigihan Para Pejuang Museum 10 November dan Tugu Pahlawan adalah destinasi wisata sejarah yang sangat berarti.

Museum ini didirikan pada tanggal 10 November 1991 dan mengabadikan berbagai peristiwa yang terkait dengan pertempuran Surabaya.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya