Provinsi Baru Barito Raya Hebohkan Warga Kalimantan! Kabupaten Ini Pastikan Bergabung dan Bentuk Wilayah

Provinsi Baru Barito Raya Hebohkan Warga Kalimantan! Kabupaten Ini Pastikan Bergabung dan Bentuk Wilayah

daerah-sarah-nkb/unplash-

Provinsi Kotawaringin: Pemekaran Provinsi Kotawaringin berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah dan terdiri dari 5 kabupaten, termasuk Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Seruyan, dan Kabupaten Kotawaringin Timur. Ibukota Provinsi Kotawaringin direncanakan berada di Seruyan.

Provinsi Barito Raya: Provinsi ini merupakan gabungan dari sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Terdiri dari 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, dan Kabupaten Barito Kuala. Rencananya, ibukota provinsi ini berada di Muara Teweh Barito Utara.


Baca juga: Kejutan! 3 Daerah Baru Muncul Pasca Pemekaran Kabupaten Bogor yang Mungkin Belum Diketahui oleh Warga Jawa Barat

Provinsi Kalimantan Tenggara: Pemekaran wilayah ini mencakup sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Terdiri dari 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser, Kabupaten Kotabaru, dan Kabupaten Tanah Bumbu. Rencananya, ibukota Provinsi Kalimantan Tenggara berada di Kota Baru.

Usulan-usulan ini mencerminkan semangat pembangunan dan pengembangan wilayah yang beragam di Pulau Kalimantan. Wacana pembentukan provinsi-provinsi baru ini menjadi pembahasan yang menarik, mengingat potensi sumber daya alam yang melimpah dan keragaman etnik serta budaya di pulau ini.



×


Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya