Provinsi Baru Barito Raya Hebohkan Warga Kalimantan! Kabupaten Ini Pastikan Bergabung dan Bentuk Wilayah

Provinsi Baru Barito Raya Hebohkan Warga Kalimantan! Kabupaten Ini Pastikan Bergabung dan Bentuk Wilayah

daerah-sarah-nkb/unplash-

Lima provinsi, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah, membentuk pulau yang kaya ini.

Namun, jika kita melihat ke belakang dalam sejarah, kita akan menemukan bahwa awalnya hanya ada satu provinsi, yaitu Provinsi Borneo, yang mengelola semua harta alam dan keindahan Pulau Kalimantan ini.


Terkini, wacana tentang pembentukan provinsi-provinsi baru di Pulau Kalimantan semakin intens. Beberapa wilayah potensial telah diusulkan untuk menjadi provinsi-provinsi baru di pulau ini, menciptakan dinamika baru dalam peta administrasi Indonesia.

Wacana pembentukan daerah otonomi baru (DOB) di Indonesia terus menjadi topik yang menarik.

Di Pulau Kalimantan, juga dikenal sebagai Borneo, ada sejumlah wacana yang mendapatkan perhatian khusus.



×


Baca juga: Provinsi Pulau Sumbawa Bakal Ajak 6 Kabupaten Ini Bergabung dan Buat Daerah Baru! Jangan Kaget Ini Daerah Ibu Kotanya

Baca juga: Terbitnya Kabupaten-Kabupaten Baru, Perjalanan Menuju Otonomi di Dua Daerah yang Lepas dari Kabupaten Asmat akan Terealisasikan?

Wacana provinsi baru di Kalimantan 

Provinsi Sambas Raya: Provinsi ini merupakan pemekaran dari Kalimantan Barat dan terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota. Wilayah ini mencakup Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Kota Sambas, dan Kabupaten Sambas Utara. Ibukota provinsi ini direncanakan berada di Kota Sambas.

Provinsi Kapuas Raya: Juga merupakan pemekaran dari Kalimantan Barat, Provinsi Kapuas Raya terdiri dari 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang, dan Kabupaten Kapuas Hulu. Ibukota Provinsi Kapuas Raya direncanakan berada di Sintang.

Provinsi Tanjung Pura: Provinsi ini juga merupakan pemekaran dari Kalimantan Barat dan terdiri dari 5 kabupaten, termasuk Kabupaten Kayong Utara serta 4 kabupaten baru, yaitu Hulu Aik, Tumbang Titik, Ketapang, dan Jelai Kendawangan Raya. Rencananya, ibukota provinsi ini berada di Kota Ketapang.

Baca juga: BACA Komik Lookism Chapter 473 Bahasa Indonesia, Full Episode SUB INDO Klimaks Pertarungan Aliansi 4 Bos

Baca juga: Provinsi Pulau Sumbawa Bakal Ajak 6 Kabupaten Ini Bergabung dan Buat Daerah Baru! Jangan Kaget Ini Daerah Ibu Kotanya

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya