3 Kabupaten Ini Sepakat Keluar dari Banten dan Masuk Provinsi Baru Pemekaran! Jangan Heran, Ini Wacana Wilayah Baru dan Kecamatannya

3 Kabupaten Ini Sepakat Keluar dari Banten dan Masuk Provinsi Baru Pemekaran! Jangan Heran, Ini Wacana Wilayah Baru dan Kecamatannya

daerah-pixabay-

Kabar mengenai adanya provinsi Tangerang Raya begitu gencar dibahas.

Saat ini, hanya ada tiga daerah yang siap untuk bergabung, yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).


Kabupaten Tangerang sendiri tengah mempersiapkan pemekaran wilayah untuk membentuk dua entitas pemerintah baru: Kota Tangerang Tengah atau Tangteng, dan Kabupaten Tangerang Utara.

Dengan pembentukan ini, persyaratan minimal dari lima daerah untuk membentuk sebuah provinsi akan terpenuhi.

Kota Tangerang Tengah akan terdiri dari enam kecamatan, yakni Kelapa Dua, Curug, Panongan, Cisauk, Legok, dan Pagedangan.



×


Baca juga: Kejutan! 3 Daerah Baru Muncul Pasca Pemekaran Kabupaten Bogor yang Mungkin Belum Diketahui oleh Warga Jawa Barat

Kecamatan Pagedangan telah ditunjuk sebagai ibukota baru, sesuai arahan dari Bupati Kabupaten Tangerang, Ahmad Zaki Iskandar.

Bahkan, lahan yang saat ini digunakan sebagai Sirkuit Offroad BSD City akan diubah menjadi pusat pemerintahan Kota Tangerang Tengah.

Pembentukan Provinsi Tangerang Raya diharapkan akan memberikan Provinsi Banten lebih efisiensi dalam mengelola sumber daya dan pelayanan publik.

Baca juga: Profil Lengkap Biodata Annisa Aurelia Kaila, Umur, Agama, Pacar, Akun Instagram – Pemain Ku Raih Bintang Tayang di MNCTV

Inisiatif ini akan menjadi tonggak sejarah baru dalam pembangunan dan perluasan wilayah di Indonesia, sekaligus menjadi indikator bagi provinsi lain, termasuk Provinsi Jawa Barat, yang juga berencana untuk melakukan pemekaran.

Bahkan Provinsi Jawa Barat telah mempersiapkan sebanyak 17 kabupaten/kota sebagai daerah otonomi baru.

Salah satu kabupaten yang termasuk dalam rencana pemekaran adalah Kabupaten Cianjur. Kabupaten ini berencana memekarkan diri menjadi Kabupaten Cianjur Selatan dan Kota Cipanas.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 3,16 ribu kilometer persegi dan diperkirakan memiliki populasi lebih dari 3 juta jiwa.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya