Pemerintah Uji Coba Kompor Listrik dan Tinggalkan Kompor LPG, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Pemerintah Uji Coba Kompor Listrik dan Tinggalkan Kompor LPG, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

kompor listrik-Myriams-Fotos /pixabay-

SINERGIANEWS.com – Pada tahun ini, pemerintah akan kembali berikan kebijakan baru dengan mengkonversi kompor gas menjadi kompor listrik.

Sementara itu PT PLN Persero juga telah menyiapkan paket kompor listrik yang siap dibagikan pada masyarakat secara gratis.


Sebelumnya bahkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  telah menggencarkan penggunaan kompor jenis ini, namun hanya pada kalangan kelas menengah saja.

Baca juga: Pemerintah Mulai Lakukan Uji Coba Kompor Listrik, Konversi LPG 3kg, Demi Negara Lebih Hemat

Baca juga: Najwa Shihab Milih Tak Gubris Meski Diklaim Jubir Kardun, Nikita Mirzani Makin Ngamuk Terus Gencatan Mulut?!


×


Baca juga: Alesha Berteriak Kencang Saat Dokter Tengah Mengambil Organ dalamnya Cinta Alesha Hari ini Selasa, 20 September 2022 di RCTI

Lebih lanjut, Dadan mengungkapkan bahwa uji coba baru akan dilakukan di tiga kota meliputi, Denpasar, Solo dan Sumatera.

"Iya betul, sedang diuji coba oleh PLN di Denpasar, Solo dan disiapkan di salah satu kota di Sumatera. Ini uji coba untuk melihat keberterimaan masyarakat sekaligus mempelajari aspek keteknikannya, misalkan berapa kapasitas daya tungku yang cocok.,"ujarnya.

Dadan membeberkan bahwa adanya proses uji coba ini guna untuk melihat kapasitas kompor yang tepat itu seperti apa, agar masyarakat lebih nyaman memasak.

Ia pun menjelaskan saat ini yang sedang diuji coba adalah kompor listrik dua tungku dengan kapasitas 1.000 watt.

"Uji coba ini dilakukan oleh PLN, jadi dibuatkan jaringan khusus di rumah untuk kompor," jelas Dadan.

Sebelumnya, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengungkapkan bahwa negara dapat hemat Rp10,21 triliun per tahun bila 15,3 juta pengguna LPG 3 kg beralih ke kompor induksi atau listrik.

Tanpa berlama-lama, berikut ini kelebihan dan kekurangan kompor listrik Induksi, cek pada halaman selanjutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU