Catat! Mengapa Ustaz Syafiq Basalamah Memilih Ikut Puasa Arafah di Indonesia Dibanding Arab Saudi? Ini Penentunya

Catat! Mengapa Ustaz Syafiq Basalamah Memilih Ikut Puasa Arafah di Indonesia Dibanding Arab Saudi? Ini Penentunya

puasa--istockphoto

SINERGIANEWS.com – Mengapa Ustaz memilih ikut Puasa Arafar di Indonesia dibanding dengan ikut Arab Saudi?

Simak penjelasan lengkapnya melalui artikel berikut. Ustaz Syafiq memberikan pernyataan tegas untuk menanggapi perbedaan puasa Arafah.


Selain itu, Ustaz Syafiq juga melilih untuk mengikuti keputusan pemerintah dalam menjalankan puasa Arafah dan pelaksanaan Idul Adha 1443 H.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Ustaz Syafiq Riza Basalamah dalam akun YouTubenya dengan judul “Puasa Arafah Ikut Saudi atau Indonesai?” pada 29 Juni 2022 yang lalu.

Ustaz Syafiq menyampaikan bahwa perbedaan tersebut hampir sama dengan penentuan awal Ramadhan yang lalu.


×


Akan tetapi Indonesia menentapkannnya sesuai dengan hilal, sehingga Ustaz Syafiq lebih memilih sesuai dengan pemerintah.

"Sama saja, dari sisi melihat hilal, apakah setiap negeri itu punya hilal sendiri sehingga mereka menentukan tanggal itu sesuai yang mereka lihat," terang Ustaz Syafiq.

"Mereka lihat, ya mereka puasa gitu. Apa kita harus ikut Saudi? jadi pendapat yang lebih kuat setiap negeri itu punya matlah munculnya hilal sendiri-sendiri sehingga puasanya ikut negeri kita, gak ikut negeri lain," tambahnya.

"Insya Allah gak ada masalah, mereka mau wukuf atau ga wukuf, kita puasa tanggal 9 (Dzulhijjah) tersebut, yang jadi masalah kalau ternyata di sini tanggal 9, di sana (Arab Saudi) tanggal 8," terang Ustaz Syafiq.

Setiap negara sudah memiliki metode dan landasan yang digunakan dalam menentukan bulan Hijriah.

"Artinya ketika tanggal 9 di Arafah, kita lebaran dan ini ga mungkin kita puasa, terus gimana? Ya gak ada masalah karena memang semua negeri itu punya rukyat sendiri," tambahnya.

Akan tetapi hilal harus benar-benar terlihat, agar penetapan sesuai dengan bulan dan tanggal tertentu.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU