Hari Raya Idul Adha 2022 Tanggal Berapa? Posisi Hilal Belum Memenuhi Kriteria, Ini Hasil Sidang Isbat Kemenang

Hari Raya Idul Adha 2022 Tanggal Berapa? Posisi Hilal Belum Memenuhi Kriteria, Ini Hasil Sidang Isbat Kemenang

idul adha--pixabay

SINERGIANEWS.com – Kementerian Agama (Kemenag) sudah melakukan sidang isbat sebagai penentu 1 Zulhijah dan Hari Raya Idul Adha.

Sidang isbat yang berlangsung pada hari Rabu, 29 Juni 2022 sekitar pukul 18.15 WIB menghasilkan keputusan hari Raya Idul Adha pada hari Minggu, 10 Juli 2022.


Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi menjelaskan bahwa sesuai dengan hasil hisab belum memenuhi kriteria dan 86 titik hilal tak terlihat.

"Dari 86 titik belum ada yang melihat hilal. Oleh karenanya,berdasarkan hisab belum memenuhi kriteria, dan laporan hilal belum terlihat, bahwa 1 Zulhijah jatuh pada 1 Juli 2022," terang Zainut Tauhid Sa'adi.

Baca juga: PMK Bergejolak Serang 19 Provinsi, BPNB Bakal Terapkan Lockdown: Lintas Hewan di Hari Raya Idul Adha



×


Baca juga: Idul Adha di Depan Mata, PMK Kian Mengkhawatirkan, Dokter Beri Tips Aman Konsumsi Daging

Baca juga: Kenalan Yuk! Profil Pemain Drama Korea BL 'A Shoulder To Cry On', Dibintangi Idol KPOP Ganteng Asal Grup OMEGAX - Cek Jadwal Rilis Disini

Melansir dari Kompas.com Peneliti Astronomi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin menyampaikan bahwa hilal belum memenuhi kriteria baru MABIMS/RJ2017.

"Dengan kriteria baru MABIMS, (jika esok) masih belum memenuhi kriteria karena tinggi bulan masih kurang dari 3 derajat," ujar Thomas.

Sementara itu, derajat elongasinya juga kurang dari 5 derajat. Sidang isbat berlangsung dalam tiga tahapan yang dimulai dari pukul 17.00 WIB untuk pemaparan posisi hilal.

Penetapan Muhammadiyah ada di halaman selanjutnya;

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU