Cara Menghitung BPHTB Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan 2022

Cara Menghitung BPHTB Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan 2022

Bangunan Rumah--

SINERGIANEWS.com - Cara Menghitung BPHTB Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan 2022. Pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu bagian dalam bidang properti, yaitu pajak mengenai pertanahan dalam cara menghitung BPHTB yang benar tahun 2018.

BPHTB sendiri adalah singkatan dari Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan. Pajak atau bea ini dikenakan ketika kita melakukan pembelian tanah, berbeda dengan penjual yang dikenakan pajak penghasilan (PPh) atau uang pembayaran harga tanah yang diterima. Dalam melakukan transaksi jual beli tanah yang menjadi subjek pada pajak biaya BPHTB kepada pribadi ataupun badan yaitu pembeli.


Baca juga: Cara Menghitung Weton Kelahiran yang Benar, Dengan Perhitungan Tangal Lahir, Hitungan Jawa hingga Aplikasi Online

Baca juga: PMO adalah : Cek Penjelasan Arti dan Makna PMO Berikut, Lengkap Cara Mengatasi

Baca juga: Cara Sholat Dhuha, Niat dan Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Tulisan Latin Arab dan Arti Bahasa Indonesia



×


Dasar pemberian BPHTB adalah nilai perolehan objek pajak NJOP atas harga transaksi. Sedangkan untuk nilai tukar menukar hibah atau warisan maka dikenai pajak NPOP.

NPOP bisa saja lebih kecil atau lebih besar dari NJOP tergantung dari kesepakatan pembeli dengan penjual. Jika harga transaksi lebih kecil dari NJOP maka dasar penentuan NPOP adalah nilai NJOP dan begitupun sebaliknya.

Faktor lain yang menentukan besarnya nilai BPHTB adalah Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP). Ini merupakan nilai pengurangan NPOP sebelum dikenakan pajak BPHTB. Sekitar 5 persen.

Dasar Hukum BPHTB

Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan atau BPHTB diatur dalam UU No. 21 Tahun 1997 dan telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2000 (selanjutnya hanya disebut UU BPHTB). Disebutkan bahwa BPHTB adalah bea yang dikenakan atas perolehan hak atas tanah dan atau bangunan.

Baca juga: Bagaimana Cara Berkurban di Tengah Wabah PMK? Menteri Agama Sampaikan Aturannya

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU