Bagaimana Cara Berkurban di Tengah Wabah PMK? Menteri Agama Sampaikan Aturannya

Bagaimana Cara Berkurban di Tengah Wabah PMK? Menteri Agama Sampaikan Aturannya

Idul Adha Jatuh di Tanggal Berapa? Kemenag Bakal Laksanakan Sidang Isbat di Tanggal Ini--istockphoto

SINERGIANEWS.com – Jelang Idul Kurban, wabah penyakit kulit dan kuku (PMK) kian melambung. Masyarakat semakin khawatir dengan kondisi tersebut, meski beberapa vaksin dan upaya penanganan sudah dilaksanakan.

Oleh sebab itu, Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama (Menag) menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.


Edaran yang diterbitkan berisi protokol kesehatan ketika menjalani salat hari Raya Idul Adha, takbiran, khotbah, ketentuan syariat berkurban, pelaksanaan kurban, sampai teknis pengemasan, penyembelihan, pencacahan, pengulitan, dan pendistribusian daging kurban.

Baca juga: Idul Adha di Depan Mata, PMK Kian Mengkhawatirkan, Dokter Beri Tips Aman Konsumsi Daging

Baca juga: Jelang Idul Adha, Bagaimana Cara Memilih Hewan sampai Memasak Daging Kurban di Tengah Wabah Penyakit Mulut dan Kuku?



×


Baca juga: Idul Adha Jatuh di Tanggal Berapa? Kemenag Bakal Laksanakan Sidang Isbat di Tanggal Ini

Penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha memiliki hukum sunnah muakadah. Oleh sebab itu, Menteri Agama tidak memaksakan masyarakat untuk berkurban di tengah wabah PMK.

Masyarakat juga dihimbau untuk membeli hewan kurban yang sehat dan tidak ada cacat sesuai dengan kriteria. Selain itu, harus bisa menjaganya dalam kondisi yang tetap sehat sampai dengan hari penyembelihan.

Jika masyarakat yang berada di tengah wabah PMK, sebaiknya melaksanakan penyembelihan di rumah potong hewan (RPH).

Masyarakat juga bisa membeli hewan kurban, penyembelihan, dan pendistribusian melalui Lembaga Amil Zakat, Badan Amil Zakat, atau beberapa lembaga lain yang sudah sesuai dengan syarat.

Cara berkurban di tengah wabah PMK ada di halaman berikut;

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU