Covid-19 Belum Kelar, Satgas: Masyarakat Kini Menganggap Virus Corona seperti Flu Biasa

Covid-19 Belum Kelar, Satgas: Masyarakat Kini Menganggap Virus Corona seperti Flu Biasa

covid-19--pixabay

SINERGIANEWS.com – Kasus Covid-19 di Indonesia belum selesai, akhir-akhir ini jumlah kasus positif kian bertambah tinggi.

Bahkan Satgas penanganan Covid-19 menyampaikan bahwa saat ini masyarakat sudah menganggap virus Corona sebagai flu biasa, tidak lagi menjadi penyakit yang menakutkan.


Brigjen TNI (Purn) dr Alexander Kaliaga Ginting sebagai Kepala Sub Bidang Dukungan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, menuturkan bahwa hal tersebut bisa berdampak pada jangka panjang karena beberapa elemen mengaku sudah kebal karena menerima 3 dosis vaksin.

Baca juga: COVID UPDATE, Pasien Positif Covid Capai 777 Orang dan Bertambah 73 Kasus di Depok

Baca juga: Kemenkes Prediksi Kasus Covid-19 Bakal Melonjak Naik Bulan Juli: Perlu Pelindungan Lebih Besar



Baca juga: Viral di Medsos, Bocah di Gunungkidul Curhat Hasil Rapot Melalui Pesan WA ke Mendiang Mamanya

"Hasilnya, mereka merasa menganggap Covid-19 ini sudah seperti flu biasa saja. Jadi bahasa publik seperti flu itu yang akhirnya membuat orang-orang tidak waspada lagi, padahal saat ini Indonesia bisa saja menuju terjadi puncak gelombang keempat bila positivity rate-nya kita melonjak naik hingga di atas 5 % secara nasional bila tidak berhati-hati," terang Alexander.

Melansir dari Beritasatu.com (28/06/2022) Alexander menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar mewaspadai Covid-19. Meski ada gejala flu maupun tidak flu harus hati-hati dengan sub varian BA.4 dan BA.5.

Karena bisa berdampak pada jangka panjang. Meski saat terinfeksi bisa sembuh dalam waktu sekitar satu sampai dua minggu, namun bisa sesak atau napas pendek di waktu yang akan datang.

Alexander menyampaikan bahwa dampak tersebut bisa seperti varian Delta. Oleh karenanya masyarakat tidak boleh menganggapnya remeh. Selalu waspada, terutama untuk anak kecil, lansia hingga orang yang komorbid.

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 di Tanah Air Makin Ngegas! DKI Jakarta Terbanyak, Tembus Angka 8 Ribu

Penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia per 27 Juni 2022 ada 1.445 kasus baru. ***

Sumber:


BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU