Pasak Bumi, Bawang Dayak hingga Kenanga - Tanaman Obat Kaltim Sebagai Bisnis Rumahan Beromset Ratusan Juta

Pasak Bumi, Bawang Dayak hingga Kenanga - Tanaman Obat Kaltim Sebagai Bisnis Rumahan Beromset Ratusan Juta

Kaltim--

SINERGIANEWS.com - Pulau Kalimantan kaya akan keanekaragaman hayati yang diantaranya merupakan tumbuhan berkhasiat obat, baik yang tumbuh liar di hutan maupun telah dibudidayakan.

Sejak zaman dahulu penduduk asli Kalimantan telah terbiasa memanfaatkan tumbuhan atau herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kini, tanaman berkhasiat obat semakin digandrungi sebagai pengobatan alternatif yang dapat digunakan untuk mencegah hingga mengobati penyakit secara mandiri sebagai tindakan penanganan pertama.


Baca juga: Link Nonton Anime Date a Live Season 4 Episode 8 Sub Indonesia Gratis, Resmi di BiliBili dan Bukan di Otakudesu

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta Hari Ini Jumat, 27 Mei 2022 Episode 733 di RCTI: Setelah Sadarnya Chatrine, Rendy Hendak Melamarnya Lagi?

Baca juga: Anime China bisa Salip Jepang? Bayaran Animator Jepang Tiga Kali Lebih Rendah dari China


×


Praktik pemanfaatan tanaman berkhasiat obat bagi kesehatan juga dilakukan oleh masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur. Bahkan terdapat beberapa jenis tanaman berkhasiat obat yang berasal dari wilayah tersebut. Berikut beberapa jenis tanaman berkhasiat obat asal Kalimantan diantaranya merupakan khas Kalimantan Timur:

Pasak Bumi

Tanaman Pasak Bumi yang bernama latin Eurycoma longifolia tersebar dari semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Tanaman ini mengandung senyawa antioksidan, anti radang, dan anti bakteri yang jika dikonsumsi dapat memberikan berbagai manfaat.

Pasak Bumi terkenal hingga dunia internasional dengan khasiatnya untuk memulihkan stamina vitalitas laki-laki. Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk meningkatkan massa otot, menjaga stamina, meredakan stress, hingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Bawang Dayak

Baca juga: Yuri Mau Mampir?! Link Streaming Spy X Family Episode * Bahasa Indoensia di iQIYI, Vidio dan Netflix bukan di GogoAnime

Tumbuhan yang lebih dikenal sebagai Bawang Tiwai di wilayah Kalimantan Timur ini memiliki nama latin Eleutherine palmifolia (L.) Merr dengan karakteristiknya yang berukuran lebih kecil dari bawang merah biasa, warna merah yang lebih menyala, dan permukaan kulit yang lebih licin.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU