10 Kendala Mungkin Dialami Peserta Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Cek Cara Mengatasinya

Minggu 15-05-2022 / 10:27 WIB


10 Kendala Mungkin Dialami Peserta Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Cek Cara Mengatasinya

SINERGIANEWS.com - Berikut ini adalah 10 kemungkinan kendala yang akan dialami peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 pada seleksi tahap dua yang dilakukan secara online.

Kini peserta yang telah lolos di tahap satu tengah mempersiapkan diri mengikuti tes seleksi tahap dua, yakni Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Core Values BUMN. Kedua tes ini akan dilaksanakan mulai 19-24 Mei 2022.


Sebelum melaksanakan tes itu, peserta bisa memanfaatkan trial test pada 14-17 Mei 2022. Trial test ini bertujuan untuk membantu peserta beradaptasi dengan platform online test dan melakukan evaluasi terhadap perangkat yang digunakan untuk online test.

Baca juga: Benarkah Tak Ikut Trial Test Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Berpengaruh Hasil Seleksi? Simak Penjelasan Ini

Baca juga: Kisi-Kisi Tes Core Value BUMN Buat Peserta Lolos Rekrutmen Bersama BUMN 2022


Dalam seleksi tahap dua ini memiliki jumlah soal TKD sebanyak 100 dan 54 soal Core Value BUMN.

Peserta yang akan melakukan tes akan diberikan instruksi pengerjaan soal dan contoh soal pada masing-masing subtes di awal sebelum mengerjakan soal yang sebenarnya.

Ketika melakukan tes,peserta wajib menggunakan komputer PC/Laptop lengkap dengan perangkat web camera dan mouse. Peserta tidak diperkenankan memakai handphone, tablet, ataupun smartphone.

Ketika melakukan online test, kemungkin ada beberapa hal yang akan menjadi kendala bagi peserta, seperti persoalan mati listrik, browser yang crash, koneksi internet yang tiba-tiba mati atau lainnya.

Berikut beberapa hal kendala yang kemungkinan terjadi dan cara mengatasinya ketika melaksanakan TKD dan Core Values BUMN, dilansir rekrutmenbersama.fhcibumn.id:

1. Jika username dan password yang diberikan kepada saya tidak dapat digunakan untuk login ke dalam halaman Online Test, apa yang harus saya lakukan?

Sistem login bersifat case sensitive, sehingga peserta perlu memastikan penggunaan huruf besar/kecil/angka/simbol sudah tepat.

Peserta bisa melakukan copy-paste terlebih dahulu ke notepad perangkan, sebelum menginput username dan password ke halaman login link test. Hal ini guna untuk memastikan tidak ada spasi atau tanda baca seperti petik yang menyebabkan gagal login.

Apabila masih terjadi kendala, segera hubungi Help Desk melalui EMAIL dan TELEGRAM dengan menginformasikan nama, email, dan nomor peserta supaya masalah segera terselesaikan.

2. Ketika sudah login ke aplikasi dan halaman masih dalam posisi loading serta lama membuka soal, apa yang harus dilakukan?

Apabila soal tidak muncul dalam kurun waktu 1 menit, Anda tidak perlu panik. Segera lakukan muat ulang (refresh) aplikasi dan pastikan jaringan internet stabil.

Pastikan memakai browser Mozila Firefox dan Google Chrome versi terbaru, mengaktifkan fitur Javascript, dan memiliki jaringan internet yang memadai.

Apabila masih terjadi kendala, segera hubungi Help Desk.

Baca juga: Penjelasan Core Values BUMN, Seleksi Tahap 2 Rekrutmen Bersama BUMN 2022 Jadwal Lengkap

3. Ketika dalam proses pengerjaan peserta mengalami koneksi mati, mati listrik, browser crash, apa yang harus dilakukan?

Jika peserta mengalami kendala ini, maka jawaban sebelumnya telah disimpan oleh sistem asalkan peserta tetap menggunakan browser dan perangkat yang sama.

Segera akses ulang Online Test selama ada sisa waktu untuk mengerjakan tes melalui email undangan di inbox/spam/all mail (disarankan mengakses link tes melalui email) atau website rekrutmen pada halaman Lamaran Saya tombol Detail Jadwal/Jadwal Hari Ini.

4. Saya belum mengklik tombol “Selesai Test”, tapi waktu sudah habis.

Pengerjaan tes memiliki batas waktu akses.

Sehingga, saat waktu mengerjakan tes sudah berakhir atau batas waktu telah tercapai, aplikasi akan otomatis menyelesaikan kegiatan tes. Seluruh jawaban peserta yang berhasil terjawab akan tetap tersimpan.

Baca juga: Link Google Drive Kumpulan Soal Tes Kemampuan Dasar (TKD) - Core Values BUMN 2022 PDF Beserta Jawabannya

5. Ketika saya tidak sengaja menutup browser dalam proses pengerjaan tes, apakah saya masih bisa melakukan tes lagi?

Selama sisa waktu masih ada peserta dapat masuk kembali melalui email undangan di inbox/spam/all mail (disarankan mengakses link tes melalui email) atau website rekrutmen pada halaman Lamaran Saya tombol Detail Jadwal/Jadwal Hari Ini.

Lihat cara mengatasi kendala no 6 di halaman selanjutnya

Sumber:


BERITA TERKAIT