Hati-Hati! Marak Informasi Pinjaman Online Mengatasnamakan Bank Indonesia, Cek Faktanya

Sabtu 14-05-2022 / 20:16 WIB


Hati-Hati! Marak Informasi Pinjaman Online Mengatasnamakan Bank Indonesia, Cek Faktanya

SINERGIANEWS.com – Pinjaman online merupakan salah satu layanan yang hangat akhir-akhir ini. Oleh karena itu banyak orang yang tidak bertanggung jawab membawa nama Bank Indonesia untuk menawarkan pinjol alias pinjaman online.

Beredarnya informasi yang belum diketahui kebenarannya, bisa merugikan masyarakat.


Jika mempercayainya bisa saja masyarakat melakukan pinjaman dan mengikuti seluruh aturan yang belum tentu diberlakukan oleh Bank Indonesia.

Baca juga: Marak Penggalangan Dana yang Menggunakan Akun WhatsApp Pejabat Kabupaten Bantul, Ini Faktanya

Baca juga: Marak Peniupan Bus Saat Mudik Lebaran, Penumpang Dioper hingga Harga Tiket Terlalu Mahal


Baca juga: Hati-Hati! Marak Akun WhatsApp Menggunakan Identitas Kantor JNE Pusat, Cek Kebenarannya

Apakah benar Bank Indonesia memiliki layanan pinjaman secara online?

Mengutip dari laman Kominfo (14/05/2022) bahwa marak edaran tangkapan layar pesan berantai WhatsApp yang berisi informasi bahwa Bank Indonesia memberikan pinjaman dana untuk masyarakat secara online.

Bahkan informasi tersebut juga menyertakan bukti berupa status pinjaman yang disetujui melalui sebuah website sebesar Rp10 juta.

Mari kita simak berbagai fakta yang menegaskan terkait dengan kabar yang beredar tersebut. Mellaui laman Instagram resminya, Bank Indonesia memberikan klarifikasi.

“Faktanya, Bank Indonesia melalui laman Instagram resminya @bank Indonesia menegaskan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah tidak benar atau hoaks,”ungkap Kominfo.

Hal yang mengejutkan, bank sentral tidak pernah melakukan kegiatan pinjaman online.

“Bank Indonesia adalah bank sentral yang tidak melakukan kegiatan komersial seperti memberikan pinjaman dana kepada masyarakat, termasuk pinjaman online,”kata Kominfo.

Kemudian, Bank Indonesia juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati jika menemukan sebaran informasi yang mirip.

Baca juga: Hati-Hati! Marak Akun WhatsApp Menggunakan Identitas Kantor JNE Pusat, Cek Kebenarannya

“Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan memastikan bahwa lembaga pemberi pinjaman telah berizin dari otoritas terkait,” tutup Kominfo.***

Sumber:


BERITA TERKAIT