Simak! Syarat Mudik Lebaran 2022 Untuk Mobil Pribadi, Ada Pembatasan Kapasitas Penumpang

Simak! Syarat Mudik Lebaran 2022 Untuk Mobil Pribadi, Ada Pembatasan Kapasitas Penumpang

Simak! Syarat Mudik Lebaran 2022 Untuk Mobil Pribadi, Ada Pembatasan Kapasitas--pixabay

SINERGIANEWS.com – Setelah di larang selama dua tahun kebelakang, kini Pemerintah memberikan izin kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan mudik lebaran pada tahun 2022

Namun, izin ini bukan melakukan mudik tanpa aturan yang berbelit seperti biasanya. Tentu terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan mudik. Salah satunya adalah tentang Vaksin Covid-19.


Banyak masyarakat yang memutuskan untuk menggunakan akomodasi umum untuk melakukan mudik kali ini, namun para pengguna kendaraan pribadi tentu tidak kalah banyaknya dan pasti akan memadati jalanan.

Baca juga: TERBARU! Syarat Wajib Mudik Lebaran 2022, Wajib Tes PCR lagi? Simak lengkpanya Disini!

Baca juga: Jelang Lebaran, Simak Syarat Mudik Terbaru 2022 untuk Kategori Pemudik yang Wajib PCR


×


Baca juga: Info Rute dan Tarif Bus Harapan Jaya Terbaru 2022, Mudik Lebaran Lancar Dengan Fasilitas Ala Bintang Lima

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 38 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dalam Negeri dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Covid-19:

Syarat Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi

  1. Pemudik yang melakuan perjalanan jalur darat termasuk pengguna mobil pribadi untuk mudik wajib melaksanakan protokol kesehatan secara ketat mulai dari tempat pemberangkatan, selama perjalanan sampai dengan tempat kedatangan.
  • Protokol kesehatan 3M tersebut, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer.
  1. Pemudik juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri.

3.Pemudk yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukan hasil negatif tes usap PCR atau tes cepat Antigen.

  1. pemudik yang baru melakukan vaksinasi Covid-19 dua dosis, maka wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 Antigen yang diambil dalam kurun waktu 1x24 jam atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  2. pemudik yang baru divaksin satu kali, maka wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  3. Orang-orang dengan kondisi kesehatan khusus atau komorbid yang menyebabkan mereka tidak bisa divaksin, maka wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Simak lanjutanna pada halaman berikutnya.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU