TERBARU! Syarat Wajib Mudik Lebaran 2022, Wajib Tes PCR lagi? Simak lengkpanya Disini!

TERBARU! Syarat Wajib Mudik Lebaran 2022, Wajib Tes PCR lagi? Simak lengkpanya Disini!

mudik gratis-al-grishin/pixabay-

SINERGIANEWS.com – Pada 2 Maret 2022, Letjen TNI Suharyanto selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 menanda tangani Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri (PPDN) Pada Masa Pandemi Virus Corona Disease (Covid-19).

Pada surat ini, masyarakat yang akan melakukan mudik harus tetap mematuhi protokol kesehatan, salah satu protokol kesehatan perlu diperhatikan adalah wajib menggunakan tiga lapis masker.


Ternyata saat sudah mendekati lebaran, terdapat update terbaru dari persyaratan mudik tersebut. Syarat tersebut dikhususkan untuk anak-anak yang berusia 6-17 tahun. Berikut ini adalah update terbaru dari peraturan mudik 19 April 2022.

Baca juga: Info Rute dan Tarif Bus Harapan Jaya Terbaru 2022, Mudik Lebaran Lancar Dengan Fasilitas Ala Bintang Lima

Baca juga: Cek Harga dan Rute Bus Sinar Jaya Terbaru Tahun 2022, Siap Layani Mudik Hari Raya ke Berbagai Kota di Pulau Jawa



×


Baca juga: Cocok Buat Mudik, 8 Rekomendasi dan Harga Mobil Bekas Murah Rp30 Jutaan

Peraturan Syarat Mudik Terbaru 2022, 19 April 2022

  1. PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.
  2. PPDN yang sudah vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang diambil 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RTPCR yang diambil 3 x 24 jam sebelum berangkat.
  3. PPDN yang sudah vaksinasi dosis pertama wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang diambil 3 x 24 jam sebelum berangkat.
  4. para pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus atau memiliki penyakit bawaan yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam. Hasil ini diberikan sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan persyaratan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.
  5. Untuk pemudik yang berusia di bawah 6 tahun, 6 tahun akan dikecualikan dari ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen, namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
  6. PPDN dengan usia 6-17 tahun dan telah menerima vaksin dosis kedua dikecualikan terhadap kewajiban menunjukkan hasil negatif rapid test antigen, namun wajib melampirkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua.***
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU