Putaran Bumi Ternyata Makin Cepat, Bisa Pengaruhi Jaringan Internet dan Satelit GPS

SINERGIANEWS.com – Diketahui banyak orang, Bumi berputar sekali setiap 24 jam. Namun, waktu tidak selalu konstan. Biasanya, rotasi Bumi melambat ke titik di mana durasi satu hari meningkat sekitar 1,8 milidetik setiap abad.

Ini menunjukkan bahwa satu hari di Bumi hanya berlangsung selama 21 jam sekitar 600 juta tahun yang lalu.

Dilansir dari BBC, durasi satu hari di planet ini bervariasi karena berbagai faktor, termasuk aktivitas seismik, cuaca, medan magnet Bumi, efek Matahari dan Bulan, dan distribusi massa planet.

Pada tahun 2020 lalu, para ilmuwan telah menentukan bahwa planet Bumi tidak melambat, tetapi berakselerasi selama periode waktu tersebut. Bahkan jika rotasi Bumi lebih cepat daripada periode mana pun dalam 50 tahun terakhir.

Advertisements

Hingga saat ini, para ilmuwan belum bisa mengetahui apakah kondisi yang mendorong Bumi berputar lebih cepat. Ada kepercayaan bahwa kejadian itu dihasilkan oleh gletser yang mencair dengan cepat pada abad kedua puluh atau oleh akumulasi air dalam jumlah besar.

Namun, para peneliti berharap bahwa kenaikan kecepatan rotasi Bumi ini akan bersifat sementara, tidak permanen. Dengan demikian, rotasi Bumi kemungkinan besar akan terus melambat di masa depan.

Di sisi lain, apakah ada masalah yang melekat dengan peningkatan kecepatan rotasi, terutama dalam hal dampak manusia? Jangan khawatir; ilmuwan berpendapat bahwa tidak ada bahaya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pengaruh yang merugikan mungkin terjadi.

Advertisements2

TERKINI

PILIHAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Open

Close