Percepat TV Digital, Kominfo Bagikan Set Top Box (STB) Gratis

oleh
Percepat TV Digital, Kominfo Sebut Akan Bagikan Set Top Box (STB) gratis
Percepat TV Digital, Kominfo Sebut Akan Bagikan Set Top Box (STB) gratis

SINERGIANEWS.com – Pemerintah dan penyedia multiplexing (mux) akan menyediakan set top box (STB) televisi digital gratis bagi keluarga kurang mampu. Berikut ini cara dan syarat bantuan set top box (STB) gratis.

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), ada 43 juta rumah tangga yang berlangganan televisi free-to-air. Maka dibutuhkan 37,7 juta dekoder/televisi digital.

Kominfo mengatakan, sekitar 7 juta dekoder gratis dipasok untuk membantu keluarga miskin. STB diserahkan kepada penerima bantuan yang telah memiliki televisi meskipun dalam bentuk analog.

Set top box adalah perangkat yang mengubah sinyal digital yang diterima melalui satelit, kabel, atau internet ke format analog untuk ditampilkan di televisi analog. STB juga sering disebut sebagai decoder atau receiver.

Advertisements

Untuk 7 juta televisi digital gratis set top box, 4 juta disediakan oleh penyelenggara mux dan 3 juta disediakan oleh pemerintah.

“Kenapa kita harus ASO (Analog Switch Off) karena kita harus menjalankan Undang-Undang Cipta Kerja yang mengamanatkan bahwa dua tahun implementasi sejak diundangkan, di 2 November 2022 kita harus memasuki ASO,” kata Direktur Pengembangan Pita Lebar Kominfo, Marvels Situmorang.

ad-sn
Advertisements2

No More Posts Available.

No more pages to load.