Pemerintah Resmi Batalkan Haji 2021

SINERGIANEWS.com – Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama, baru saja memastikan pemerintah tidak mengirimkan jemaah haji Indonesia pada 1442 H/2021 M. Menurutnya, di tengah pandemi global Covid-19, kesehatan dan keselamatan jiwa jemaah haji lebih kritis dan harus diprioritaskan.

“Karena masih pandemi dan demi keselamatan jamaah, Pemerintah memutuskan tahun ini tidak memberangkatkan kembali jamaah haji Indonesia,” jelasnya dalam pengumuman resmi di Kantor Kemenag, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Pembatalan haji 2021 ini dikatakan sebagai keputusan yang dicapai setelah berkonsultasi secara ekstensif dengan banyak pihak. Kebijakan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021.

“Pemerintah menerbitkan Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 tentang keputusan pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 2021,” ujar Menag.

Advertisements

Selain itu, dia mencatat bahwa alasan utama pembatalan adalah meningkatnya jumlah kasus COVID-19 di sejumlah negara. Menteri Agama menyatakan bahwa tujuan utama negara adalah untuk menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat Indonesia.

“Kita semua tahu pandemi belum berlalu, Indonesia sudah bagus penanganan tapi di belahan dunia lain kita saksikan pandemi masih belum terkendali,” katanya.

Menteri Agama menyoroti bahwa kesimpulan ini dicapai setelah penelitian yang ekstensif. Pada 2 Juni 2021, Kementerian Agama bertemu dengan Komisi VIII DPR.

Advertisements2

TERKINI

PILIHAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Open

Close