Jokowi Segera Umumkan Status Kelanjutan PPKM Level 4

oleh
Jokowi Segera Umumkan Status PPKM Level 4
Jokowi Segera Umumkan Status PPKM Level 4

SINERGIANEWS.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan pembahasan perpanjangan atau tidak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Tingkat 4 telah selesai. Meski demikian, dia menyatakan bahwa kepastian itu akan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) nanti.

“Nanti kami serahkan pada Bapak Presiden atau nanti Pak Presiden menugaskan Pak Menko (Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan) untuk melakukan pengumuman itu. Kita sudah bahas, cuma kami ingin menyampaikan nanti ada sesi khusus,” kata Budi dalam konferensi pers daring usai rapat terbatas, Senin, 2 Agustus 2021.

Pelaksanaan PPKM darurat berlangsung sejak awal bulan kemarin. Awalnya dimulai dari PPKM Darurat yang ditetapkan pemerintah sejak 3 Juli hingga 20 Juli, sebagai tanggapan atas peningkatan kasus Covid-19 dan kondisi rumah sakit.

Pada 25 Juli, Jokowi kembali mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021 dengan banyak relaksasi. Salah satunya adalah pelonggaran pembatasan makan di restoran.

Advertisements

Budi mengatakan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia sudah berkurang. Hal ini juga sejalan dengan penurunan tingkat hunian tempat tidur rumah sakit (occupancy rate) selama tujuh hari terakhir.

Ia juga mengatakan, pada PPKM Darurat dan PPKM Level 4 kemarin, skenario terburuk pemerintah penambahan kasus harian yang mencapai 70 ribu kasus per hari tidak terwujud.

“Skenario kami sebelumnya di pemerintah, penambahan kasus harian terburuk itu bisa mencapai 70 ribu. Pernah disampaikan Bapak Menko. Tapi alhamdulillah yang kami lihat sekarang, puncaknya kena di 57 ribu dan kita sudah mulai melihat penurunan,” kata Menkes Budi.

Advertisements2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *