Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Kambing dan Sapi Mulai Naik

oleh
Kambing Kurban
Kambing Kurban

SINERGIANEWS.com – Harga hewan kurban di sejumlah wilayah di Indonesia jelang hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah mengalami kenaikan. Salah satunya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang diperkirakan naik 15-20 persen jelang Idul Adha 1442 Hijriah. Menurut Faiz, pedagang grosir antar pulau, kenaikan harga hewan kurban terjadi di tingkat petani atau peternak, sedangkan harga di Banjarmasin menyesuaikan harga.

“Harga sudah naik dimulai dari petani dan pengepul di Jawa, Sulawesi, dan Sumatera,” katanya dilansir dari antara.

Sementara di Banjarmasin, harga hanya menyesuaikan, menunjukkan bahwa semua sapi didatangkan dari berbagai wilayah di Jawa, Sulawesi, dan Sumatera. “Dalam keadaan normal, kambing yang harganya Rp 2,2 juta menjadi Rp 2,5 juta hingga Rp 2,7 juta, atau bahkan lebih,” jelasnya.

Advertisements

Seiring dengan kenaikan biaya, permintaan hewan kurban seperti kambing juga meningkat, terutama menjelang hari raya kurban. Faiz mengatakan, pihaknya mulai mengantisipasi lonjakan permintaan dengan mendatangkan lebih banyak kambing dari biasanya dari luar Kalimantan.

Dia mengambil hingga 1.500 kambing setiap bulan dalam keadaan biasa. Namun, mengingat semakin dekatnya Idul Fitri tahun ini, jumlah tersebut tidak menutup kemungkinan untuk digenjot beberapa persen dari hari biasa.

ad-sn
Advertisements2