Ini Daftar Biaya Bikin SIM Baru dan Perpanjangan, Bisa Secara Online

oleh
Biaya Perpanjangan SIM
Biaya Perpanjangan SIM

Sinergianews.com – Setiap pengendara kendaraan baik motor maupun mobil di Indonesia wajib untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai aturan hukum yang berlaku. Pembuatan SIM dan perpanjangan SIM kini tersedia dalam dua cara: online melalui aplikasi Korlantas Polri Digital atau secara langsung di Satpas SIM.

Menurut kategorinya, ada lima jenis SIM Card yang berlaku di Indonesia: SIM A, SIM B, SIM C, SIM D, dan SIM Internasional. Terkait SIM, Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 menetapkan sistem klasifikasi berdasarkan ciri dan bobot kendaraan bermotor. Selain itu, ada dua klasifikasi SIM yang berbeda: SIM Perorangan dan SIM Umum.

Pembuatan dan perpanjangan SIM akan tersedia secara online mulai April 2021. Pendekatan ini tidak diragukan lagi menyederhanakan proses bagi pemilik kendaraan yang ingin memperpanjang SIM mereka atau membuat SIM baru.

Advertisements

Aplikasi Polisi Korlantas Digital memungkinkan pemasangan dan perpanjangan kartu SIM secara online. Platform SIM Online dapat digunakan untuk memperpanjang SIM A dan SIM C untuk saat ini.

Advertisements2